**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
Home Assessment
Assessment
 
Untuk organisasi di Amerika yang berfokus kepada memenangi MBNQA, sasaran penggunaan Kriteria Baldrige antara lain adalah untuk:
  • Menggunakan Baldrige Assessment sebagai basis perbaikan organisasional.
  • Mencapai tahapan Site Visit.
  • Memenangi MBNQA, sekaligus award lain seperti: EQA (European Quality Award), Award di Negara Bagian, Award di Jepang, Award Nasional lainnya atau yang sejenis.
  • Mendapatkan skor penilaian yang lebih tinggi dibandingkan penilaian sebelumnya (misalnya naik 100 poin).
Untuk organisasi yang fokusnya bukan untuk memperoleh MBNQA, baik di Amerika maupun di luar Amerika, sasaran utama penerapan Kriteria Baldrige biasanya berkisar tentang:
  • Menggunakan aplikasi sebagai basis untuk mencapai keunggulan kinerja dengan level world class.
  • Memungkinkan perbandingan dan networking dengan organisasi lain.
  • Mendapatkan skor penilaian yang lebih tinggi dibandingkan penilaian sebelumnya (misalnya naik 100 poin).
Tiga aspek penting untuk penilaian awal apakah suatu organisasi/unit organisasi memenuhi persyaratan (eligible) untuk dinilai berdasarkan Kriteria Baldrige adalah:
  • Telah berdiri secara resmi atau berdasarkan hukum, paling sedikit selama satu tahun.
  • Sesuai dengan Kategori: Business: Manufacturing (Profit), Service (Profit), Small Business (Profit); Education: Profit, Non-Profit; Health Care: Profit,Non-Profit.  Mulai Tahun 2006, dimungkinkan juga organisasi nirlaba dengan persyaratan-persyaratan tertentu untuk mengikuti MBNQA sebagai percobaan karena program tersebut masih dalam rangka “pilot”.  Sedangkan mulai Tahun 2007, organisasi nirlaba dapat penuh sebagai peserta.
  • Mampu secara mandiri merespons seluruh Kategori dalam Kriteria.
 
Bila suatu organisasi dalam menggunakan Kriteria Baldrige fokusnya adalah untuk tujuan meningkatkan perbaikan kinerja, masalah eligibility tidak menjadi masalah penting. Tapi yang lebih penting adalah menentukan, siapa dan bagaimana kita akan melakukan proses seperti halnya proses untuk memperoleh MBNQA.  Namun mungkin ada eligibility bentuk lain yang diterapkan kepada organisasi/unit organisasi untuk dapat dinyatakan sebagai memenuhi persyaratan menyusun aplikasi sebagai unit bisnis/unit organisasi yang berdiri sendiri.  Sasarannya adalah agar proses pembelajaran dalam menggunakan Kriteria Baldrige ini bisa efektif dan efisien.  Di Amerika sendiri ada kecenderungan bahwa ketentuan untuk eligibility MBNQA itu sendiri selalu akan didefinisi ulang. Baru-baru ini penyelenggara  Baldrige menawarkan pendekatan self-certification bagi aplikan. Pertama kali dalam tahun 2002, Baldrige menawarkan kepada aplikan untuk menempatkan seorang pegawainya untuk duduk di Baldrige Board of Examiners bila organisasi tersebut telah menyerahkan formulir eligibility dan membayar fee yang ditentukan ($150.00) sebelum batas waktu yang ditetapkan. 

David W. Hutton (2000) secara lebih spesifik menyebutkan bahwa suatu organisasi akan memperoleh sesuatu yang berharga dari suatu proses penilaian, karena akan perlu untuk:
  • Menetapkan secara lebih fokus sekumpulan prioritas perbaikan dan menyelaraskan seluruh upaya orang dalam organisasi dengan prioritas-prioritas ini.
  • Memastikan bahwa sumber daya yang terbatas digunakan secara efektif untuk mencapai tujuan penting yang strategis.
  • Melampaui sekedar untuk memenuhi audit kepatuhan semata sebagai alat untuk pengujian dan diagnosis secara internal. 
  • Menetapkan metriks untuk mengevaluasi dampak perubahan dan untuk mengkuantifikasi kemajuan.
  • Menciptakan lingkungan yang memajukan dan mendorong perubahan sehingga orang mau bahkan semangat untuk mengajukan gagasan perubahan dan perbaikan.
  • Mengkonsolidasikan hasil masa lalu dan mencapai terobosan kinerja lebih lanjut. 

 

Gallery

Lembayung Center