**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
Home Baldrige Mengapa Baldrige?
Mengapa Baldrige?

.

Mengapa Memilih Kriteria Baldrige.

Tulisan ini ditujukan bagi siapapun yang berkeinginan untuk meningkatkan kinerja organisasinya, tetap bertahan dan selangkah lebih maju dalam kompetisi, dan meningkatkan efektivitas. Mari bergabung dengan puluhan ribu organisasi yang bergerak di bidang bisnis, layanan kesehatan, pendidikan, pemerintahan, bahkan nirlaba yang telah sukses menggunakan "Criteria for Performance Excellence" (Kriteria Baldrige) sebagai Kerangka Kerja Manajemen Kinerja.

Sejauh ini telah banyak pilihan yang tersedia bagi kita untuk meningkatkan dan mengelola kinerja organisasi. Tentu tidak mudah untuk memilih mana yang cocok dengan organisasi kita, bukan? Setidaknya ada lima alasan mengapa pendekatan dengan Kriteria Baldrige memiliki kelebihan dibandingkan dengan yang lain.

  • 1. Kriteria Baldrige menyediakan suatu kerangka untuk upaya peningkatan kinerja tanpa bersifat "mendikte." Suatu organisasi didorong untuk mengembangkan pendekatan yang kreatif dan fleksibel selaras dengan kebutuhan organisasionalnya serta untuk menunjukkan hubungan sebab-akibat antara pendekatan ini dengan hasil-hasilnya.
  • 2. Kriteria Baldrige bersifat inklusif. Kriteria Baldrige menjabarkan suatu kerangka pengelolaan yang terintegrasi yang melingkupi seluruh aspek organisasi, operasi, dan hasilnya; tidak seperti pendekatan lain tertuju hanya pada satu aspek, misalnya kepemimpinan saja, perencanaan strategis saja, atau manajemen proses saja.
  • 3. Kriteria Baldrige fokus pada persyaratan yang bersifat umum, bukan sekedar pada prosedur, "tools", atau teknik. Upaya peningkatan lainnya seperti penggunaan standar ISO, Six Sigma, atau yang lainnya dapat diintegrasikan ke dalam sistem manajemen kinerja organisasi dan disertakan sebagai bagian dari respons persyaratan Kriteria Baldrige.
  • 4. Kriteria Baldrige "adaptable". Maksudnya Kriteria ini dapat digunakan oleh organisasi bisnis baik besar maupun kecil, pendidikan, layanan kesehatan, organisasi pemerintah, nirlaba, baik hanya berada di satu lokasi maupun yang tersebar di seluruh dunia.
  • 5. Kriteria Baldrige unggul dalam praktek manajemen tervalidasi. Kriteria Baldrige diperbaiki secara reguler untuk meningkatkan cakupan dari kinerja yang didorong strategi, menanggapi kebutuhan seluruh stakeholder, dan mengakomodasi kebutuhan dan praktek organisasional yang penting.

Organisasi manapun dapat menggunakan Kriteria Baldrige dalam rangka menilai kinerja sekaligus memperbaikinya. Tanpa memandang besar-kecil dan sifat organisasinya, Kriteria Baldrige dapat membantu menyelaraskan sumber daya; meningkatkan komunikasi, produktivitas, dan efektivitas; serta mencapai tujuan strategis.

Kriteria Baldrige dapat digunakan dalam:
  • Mendidik suatu organisasi tentang prinsip-prinsip keunggulan kinerja. Dengan menciptakan bahasa yang sama untuk penilaian (assessment) dan peningkatan kinerja maka Kriteria Baldrige telah membantu peningkatan komunikasi dalam organisasi tersebut.
  • Melaksanaan Self-Assessment, yang dapat membantu mengidentifikasikan kekuatan (strength) dan peluang-peluang untuk peningkatan (opportunities for improvement) dalam suatu organisasi serta mengembangkan rencana tindakan (action plan) untuk peningkatan.
  • Mengikuti program "Award" baik di tingkat Nasional ("Malcolm Baldrige National Quality Award" di Amerika Serikat) maupun di tingkat regional. Setiap peserta program semacam ini akan menerima laporan umpan balik (feedback report) berdasarkan assessment yang dilakukan oleh panel para ahli yang terlatih dan diakui.
Jika organisasi Anda baru akan memulai atau sedang dalam perjalanan menuju keunggulan kinerja, gunakanlah Kriteria Baldrige. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut untuk pelatihan dan konsultasi. Lihat juga: Why Baldrige? Pengenalan Baldrige, Kriteria Baldrige & MBNQA Kriteria Baldrige
 

Gallery

Lembayung Center