**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
Home Baldrige Petunjuk Praktis Menyusun Dokumen Aplikasi Baldrige
Petunjuk Praktis Menyusun Dokumen Aplikasi Baldrige
PENYUSUNAN APLIKASI
Kriteria Baldrige untuk Keunggulan Kinerja menyajikan model bisnis terbaik di dunia. Meskipun organisasi tidak berniat untuk mengikuti dan memenangi suatu Award, menyusun aplikasinya tetap akan memberikan banyak manfaat.  Dari Proses Self-Assessment selain akan diperoleh umpan balik – juga akan diterima hasil Site Visit Review berupa Feedback Report (Laporan Umpan Balik). Oleh karenanya perlu disusun aplikasi yang “Examiner/Assessor friendly”. Mereka ingin mengetahui cerita tentang betapa organisasi Anda layak untuk menjadi “role model”, memiliki SDM, Proses dan Hasil yang hebat.  Untuk itu, Anda perlu menceritakannya dengan baik. Menulis aplikasi memerlukan suatu Proses dan perencanaan yang melibatkan para Pemimpin Senior.  Benar-benar harus merupakan cerita tentang “best practices”. 
Menyusun aplikasi adalah merespons Kriteria Baldrige.  Berbagai pendekatan dalam menulis aplikasi berkembang dari yang sifatnya konvensional sampai dengan pendekatan mutakhir dengan menggunakan template dan/atau software. Disebut-sebut, penulisan dengan menggunakan pendekatan konvensional ujung-ujungnya merupakan pemborosan secara finansial dan menghamburkaan sumber daya waktu, tenaga dan energi organisasi saja.  Pendekatan mutakhir?, masih perlu digali terus dan pembuktian. Namun yang lebih penting dan paling awal adalah adanya pemahaman tentang Kriteria Baldrige dan serta bagaimana meresponsnya. Persoalannya adalah: Apakah akan menyusunnya dengan keakhlian internal sehingga diperoleh dokumen yang akurat dan valid atau akan menugasi fihak eksternal yang memang memiliki keakhlian untuk itu?.  
 

Gallery

Lembayung Center