**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
JA slide show
 
Home BALDRIGE PLN DISJAYA
BALDRIGE PLN DISJAYA

WORKSHOP KRITERIA BALDRIGE TAHUN 2015-2016

 

Jakarta (180415) Tekad untuk Excellent dengan menggapai “Emerging Industry Leader” versi Indonesia Quality Award - melalui Program Jakarta 123, PLN Disjaya tetap konsisten untuk mengimplementasikan Kriteria Baldrige dengan menyusun Aplikasi.  Sejalan dengan terbitnya Kriteria Baldrige yang baru (2015-2016), PLN Disjaya mengawalinya dengan Workshop Pemahaman Kriteria Baldrige 2015-2016 untuk para Champion Team.  Dengan mengambil tempat di Museum Listrik TMII Jakarta, tiga hari berturut-turut sejak Tgl 15 s/d 17 April 2015.

 

Workshop difokuskan kepada menyusun draf dokumen Aplikasi Tahun 2015 dengan beberapa penandaan:

·       Pertanyaan yang baru muncul di Tahun 2015-2016 (ditandai huruf merah).

·       Pertanyaan yang sudah ada di tahun lalu namun “pindah tempat” di Tahun 2015-2016 (ditandai huruf ungu).

·       Pertanyaan yang sama dengan tahun lalu (ditandai huruf hitam).

 

   Untuk pertanyaan baru – akan menjadi “PR” bagi anggota Tim untuk dicari responsnya.  Untuk pertanyaan yang “pindah tempat” – akan menjadi “PR” bagi anggota Tim untuk memindahkan pula bahan jawaban/reponsnya yang sudah ada di Aplikasi tahun lalu.  Untuk pertanyaan yang tetap seperti tahun lalu – akan menjadi “PR” bagi anggota Tim untuk meresponsnya lebih baik lagi; Untuk respons yang di tahun lalu masuk dalam penilaian “Strength” minimal akan tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan dengan “perbaikan-perbaikan” yang dilakukan.  Untuk respons di tahun lalu masuk dalam penilaian “OFI” wajib dicarikan upaya-upaya perbaikan yang dilakukan.  Khusus untuk PLN Disjaya, karena sudah punya “Program OFI to AFI” yang komprehensif – bahan ini tersedia paralel dengan kemajuan yang diperoleh dalam Perancangan Disjaya IMS.  Tinggal sekarang bagaimana menata program-program tersebut (Baldrige dan IMS) agar memberi hasil yang optimal.  Selamat berjuang...

 

***** 

REVIEW LAPORAN OFI TO AFI PT PLN DISJAYA

Cibogo Bogor (LCI241214) Dari sepuluh langkah implementasi Program Baldrige yang standar (1. Identify organizational boundaries, 2. Select 7 Champions, 3. Decide on format for assessment, 4. Prepare Profile, 5. Practice process with Item 1.1, 6. Complete other Items, 7. Share responses/Identify +’s and –’s, 8. Prioritize, 9. Develop/implement Action Plan, 10. Evaluate/improve process), PLN Disjaya – untuk putaran Tahun 2014 telah sampai kepada langkah ke 9 Menyusun/Mengimplementasikan Rencana Tindak Lanjut. 

Mengejar “jam tayang” setoran Laporan OFI to AFI ke PLN Pusat, PLN Disjaya menyelenggarakan Review sekaligus finalisasi laporan tersebut agar bisa selesai Tgl 26 Desember 2014. Bertempat di Kampus PLN Udiklat di Cibogo, Improvement Team ber-workshop dengan tajuk: “REVIEW ACTION PLAN  OFI TAHUN 2015 PT PLN (PERSERO) DISJAYA & TANGERANG” Tgl 22-23 Desember 2014.  Tim berhasil mengidentifikasikan OFI dengan Tingkat KepentinganTinggi berdasarkan: Klasifikasi KEY THEMES; • Erat kaitannya dengan PENCAPAIAN VISI; • Berdampak pada KINERJA PERUSAHAAN; • Menyangkut BERBAGAI UNIT/FUNGSI di Perusahaan; • Menyangkut LEBIH DARI SATU KATEGORI dan atau ITEM. Secara komprehensif, Rencana Tindak Lanjut PLN Disjaya untuk Tahun 2015 ini menyangkut dua program besar berupa: Perancangan Sistem Manajemen Terpadu PLN Disjaya untuk menyempurnakan Proses (Kategori 1 s/d 6) dan Penunjukkan Fungsi Khusus Pengelolaan Kinerja Eksternal untuk data & informasi Pembandingan (Kategori 7) dengan ancer-ancer akan memakan waktu setahun penuh.

*****

BEDAH OFI PT (Persero) PLN DISJAYA TAHUN 2014

 

Jakarta (LCI051212). PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang menindaklanjuti hasil penilaian implementasi Baldrige Tahun 2014 berupa OFI (Opportunity for Improvement) dengan "BEDAH OFI" yang dilaksanakan di Ruang Batavia Lt 10 pada Hari Kamis dan Jum'at Tgl 4 dan 5 Desember 2014. Dengan fokus kepada "Most OFI", sesuai arahan PLN Pusat - kemudian disusunlah AFI (Area for Improvement).  Target penyelesaian Laporan OFI to AFI adalah dapat terkirim sebelum Tgl 27 Desember 2014.

*****

HASIL SKOR ASESMEN PT (Persero) PLN DISJAYA TAHUN 2014

Jakarta (LCI 291114) Rangkaian panjang jajaran PLN Disjaya dalam ber-Baldrige di Tahun 2014 mulai dari: REVIEW DA BALDRIGE Tgl 09 s/d 13 Juni 2014, dan FINALISASI DA BALDRIGE Tgl 23-24-25 Juni 2014 - memetik hasil di bulan November kemarin. Berdasarkan surat dari Kepala Satuan Pengendalian Kinerja Korporat, PLN Disjaya memperoleh: 1) Skor Hasil Asesmen Malcolm Baldrige 2014, 2) The Most OFI 

Dengan hasil Grand Total 550 berarti menurut versi MBNQA, PLN Disjaya berada di Band 4 kisaran skor: 476–575 dengan deskriptor sbb:

  • Organisasi menunjukkan approaches yang sistematis, efektif responsif terhadap persyaratan Item dalam garis besar, tetapi deployment bervariasi di beberapa bidang atau unit kerja. 
  • Proses kunci memperoleh manfaat dari evaluasi dan perbaikan berbasis fakta, dan approaches diselaraskan dengan kebutuhan organisasional.
  • hasil-hasil menunjukkan persyaratan kunci pelanggan/stakeholder, pasar, dan proses, serta menunjukkan beberapa area strength dan/atau kinerja baik dengan pembandingan yang relevan.
  • Tidak ada pola trend atau kinerja yang buruk di bidang yang penting bagi persyaratan kunci organisasi.
*****

Sedangkan menurut versi IQAF, PLN Disjaya berada dalam predikat: Good Performance.

****** 

REVIEW DOKUMEN APLIKASI BALDRIGE PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAKARTA RAYA DAN TANGERANG

Jakarta - Cipayung (190614). Meskipun konon kabarnya dalam penilaian kinerja berbasis Kriteria Baldrige tahun lalu (2013) di internal PT PLN (Persero) dengan PLNQA, Disjaya membukukan hasil yang cukup menggembirakan nyaris mencapai skor 500 – untuk Tahun 2014 ini dianggap perlu untuk meningkatkan kinerja yang dimulai dengan penyempurnaan dokumen Aplikasi Baldrige Tahun 2014. Untuk itu Tim Penyusun Aplikasi (Champion Team) dikawal oleh para Pemimpin Senior melaksanakan Review Draf Aplikasi Tahun 2014 di ruang Batavia dan Wisma Cipayung selama lima hari berturut-turut mulai Senin Tgl 09 sampai dengan 13 Juni 2014.

 

PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang yang disebut dengan PLN  Disjaya merupakan salah satu unit Distribusi dari PT PLN (Persero) dengan kegiatan bisnisnya mendistribusikan tenaga listrik ke pelanggan yang meliputi wilayah operasi : Jakarta, sebagian Bekasi dan Tangerang. PLN Disjaya mempunyai 24 unit pelaksana yang terdiri dari 20 unit Area, 3 unit Area Pelayanan Prima dan 1 unit Area Pengatur Distribusi dengan wilayah usaha seluas 2.072 km2. Usaha pendistribusian tenaga listrik untuk kepentingan umum, meliputi  pembangunan dan pemasangan, pengoperasian,  pemeliharaan instalasi distribusi tenaga listrik.

 

METODA REVIEW: Gabungan ceramah, diskusi, latihan, studi kasus, dan praktik dengan menggunakan: Hand out/materi Review, Draf Aplikasi Baldrige PLN  Disjaya 2014, Criteria for Performance Excellence 2013 – 2014, dan Buku Bunga Rampai MBNQA 2013-2014.

 

PESERTA REVIEW: Senior Leaders & Champion Team dan  Writers serta mereka yang berdasarkan fungsi dan perannya mempunyai tanggungjawab untuk menyusun dokumen Aplikasi PLN  Disjaya dengan sasaran: Setelah Review ini diharapkan Para Senior Leaders & Champion Team dan  Writers PLN  Disjaya mampu menyempurnakan draf Aplikasinya agar sesuai dengan persyaratan Kriteria Baldrige Tahun 2014 sebelum diserahkan kepada penyelenggara di PLN Pusat.   Program setelah review adalah Finalisasi dokumen Aplikasi pada Hari Senin, Selasa, dan Rabu Tgl 23, 24, dan 25 Juni 2014.  Perlu tekad dan upaya yang luar biasa untuk mencapai hasil yang luar biasa. Selamat berjuang menggapai “excellent” .....

 

*****

 

FINALISASI DOKUMEN APLIKASI BALDRIGE PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAKARTA RAYA DAN TANGERANG

Jakarta Gambir (250614). Tidak cukup hanya melaksanakan Review Draf Aplikasi Tahun 2014 di ruang Batavia dan Wisma Cipayung selama lima hari berturut-turut mulai Senin Tgl 09 sampai dengan 13 Juni 2014 – PLN Disjaya melanjutkannya dengan Finalisasi Dokumen Aplikasi selama tiga hari, Senin s/d Rabu Tgl 23 s/d 25 Juni 2014 bertempat di Ruang Fatahilah Lt 7 dan Ruang Jayakarta Lt 3 Kantor PLN Disjaya di Jln MIR Rais bilangan Gambir Jakarta.

PT PLN (PERSERO) DISJAYA & TANGERANG bertekad untuk meningkatkan keunggulan kinerjanya dalam situasi yang semakin kompetitif. Untuk menghadapi situasi ini salah satu pilihan adalah menerapkan Kriteria untuk Keunggulan Kinerja yang sesuai dengan Kriteria Baldrige. Oleh karenanya disusun Aplikasi untuk memenuhi persyaratan Kriteria Baldrige Tahun 2014.  Untuk menyempurnakan Draf Aplikasi yang telah disusun, perlu di-Finalisasi apakah telah sesuai dengan persyaratan Kriteria Baldrige Tahun 2014. Setelah Finalisasi ini diharapkan Para Senior Leaders & Champion Team PT PLN (PERSERO) DISJAYA & TANGERANG mampu menyempurnakan draf Aplikasinya agar sesuai dengan persyaratan Kriteria Baldrige Tahun 2014 sebelum diserahkan kepada Penyelenggara di Kantor Pusat.

 

Gallery

Lembayung Center