**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
JA slide show
 
Home KPKU PT BIO FARMA
KPKU PT BIO FARMA

KIAT MENGHADAPI SITE VISIT  kpku

pt bio farma tahun 2015

Bandung (LCI111115) Siap-siap menghadapi Assessment KPKU Th 2015, PT Bio Farma mempersiapkan jajarannya – khususnya Para Pemimpin Senior dengan menyelenggarakan diskusi bertajuk: “KIAT MENGHADAPI SITE VISIT KPKU PT BIO FARMA TAHUN 2015” bertempat di Gedung Serba Guna Jl Pasteur Bandung pada Tanggal 10 November 2015.
 

Bersama Lembayung Center - KIAT MENGHADAPI SITE VISIT KPKU BUMN dibagi dalam tiga Sesi: Petunjuk Perencanaan,  Persiapan, Partisipasi, dan Tindak Lanjut: (1) Tahap Pra Site Visit, (2) Tahap Site Visit, (3) Tahap Pasca Site Visit.

 *****
REVIEW & FINALISASI LAPORAN KPKU pt bio farma  tahun 2015

 

Bandung (LCI111115) Diawali dengan PENDAMPINGAN KPKU PT BIO FARMA TAHUN 2015 TAHAP 1: PENYUSUNAN LAPORAN bertempat di Hotel Aston Tropicana Jl Cihampelas Bandung pada Tgl 07 s/d 09 Oktober 2015, kemudian dilanjutkan dengan tahap berikutnya berupa REVIEW DAN FINALISASI PENYUSUNAN LAPORAN KPKU TAHUN 2015 dengan mengadakan workshop di Hotel Novotel – Bogor pada Tgl 26-27-28 Oktober 2015 yang dilajutkan dengan finalisasi bertempat di Kantor PT Bio Farma Jl Pasteur Bandung pada Tgl 02-03 November 2015.

 

Tersedia waktu sekitar seminggu bagi Champion Team PT Bio Farma untuk menyempurnakan penyusunan Laporan Implementasi KPKU Th 2015 sebelum dilaporkan kepada Evaluator Eksternal sebagai bahan persiapan Assessment yang rencananya akan dilaksanakan Hari Senin s/d Jum’at Tgl 9 s/d 13 November 2015. PT Bio Farma akan tunduk sebagai BUMN yang harus menyampaikan laporan umpan balik asesmen implementasi KPKU Tahun 2015 secara elektronik melalui Portal Financial Information System (fis.bumn.go.id). Laporan tersebut memuat pernyataan asesor, OFI dan skor KPKU yang harus disampaikan paling lambat akhir Desember tahun 2015. Sekali lagi, dalam rangka menghadapi Assessment Implementasi KPKU Th 2015, Bio Farma harus lebih siap tahun ini guna meningkatkan pencapaian skor 422,75 di Tahun 2014. Selamat Berjuang!

 

****** 

 Penyusunan laporan implemeNtasi kpku pt bio farma tahun 2015

Bandung (LCI101015) Berpedoman kepada Pelaksanaan Asesmen Implementasi Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) BUMN Tahun 2015 yang salah satu ketentuannya adalah bahwa Pelaksanaan Asesmen Implementasi KPKU BUMN Tahun 2015 dimulai pada bulan September s.d November 2015 dan mengacu pada buku KPKU BUMN tahun 2015 yang mengadopsi dan mengadaptasi kriteria Malcolm Baldridge tahun 2013-2014 – PT Bio Farma mulai menyusun Laporan Implementasi KPKU Tahun 2015.  Diawali dengan PENDAMPINGAN KPKU PT BIO FARMA TAHUN 2015 TAHAP 1: PENYUSUNAN LAPORAN bertempat di Hotel Aston Tropicana Jl Cihampelas Bandung pada Tgl 07 s/d 09 Oktober 2015.

 

Ada waktu sekitar dua puluh hari bagi Champion Team PT Bio Farma untuk menyusun Laporan Implementasi KPKU Th 2015 sebelum drafnya di-review pada Tgl 26 s/d 28 Oktober 2015 di Bogor. Dalam rangka menghadapi Assessment Implementasi KPKU Th 2015, Bio Farma harus lebih siap tahun ini guna meningkatkan pencapaian skor 422,75 di Tahun 2014. Selamat Berjuang!

***** 

REVIEW DRAF LAPORAN IMPLEMENTASI KPKU PT BIO FARMA TAHUN 2014

 

Setelah disusun draf Laporan Implementasi KPKU 2014, langkah berikutnya adalah me-review draf dimaksud untuk memastikan – seluruh respons telah memenuhi persyaratan Kriteria. Supaya lebih fokus dan optimal, Tim “sembunyi” di Hotel Mercure Ancol Jakarta untuk menuntaskan tugas. Tiga hari berturut-turut Tgl 3 sd 5 November 2014, Tim Penyusun bersama Tim Pendamping akhirnya berhasil menyusun laporan final untuk disampaikan kepada Para Pemimpin Senior di PT Bio Farma untuk di-review sebelum dikirimkan ke Kementerian BUMN sesuai jadwal. Sosialisasi kepada Para Pemimpin Senior dilaksanakan pada hari Jum’at Tgl 7 November 2014 bertempat di Gedung Serba Guna Jl Pasteur No 28 Bandung. Tiba saatnya, seluruh jajaran PT Bio Farma mempersiapkan diri sebaik-baiknya menghadapi Evaluasi dari Kementrian BUMN (Assessment) yang seperti biasanya akan dilaksanakan oleh Tim Evaluator FEB.

 

*****

 WORKSHOP PENDAMPINGAN DENGAN PT TELKOM 

 

Bandung 181014 (LCI). Atas nama kerja sama antara PT Telkom dan PT Bio Farma, diselenggarakan WorkshopPendampingan Penyusunan Laporan Implementasi KPKU BUMN PT Bio Farma Tahun 2014 bertempat di Kantor PT Bio Farma Jl Jl. Pasteur No. 28 Bandung 40161. Acara ditandai dengan kick-off oleh Direktur Utama PT Bio Farma Drs Iskandar, Apt, MM. PT Bio Farma (Persero) adalah satu-satunya produsen vaksin dan antisera di Indonesia. Bio Farma berdiri sejak 6 Agustus 1890 dengan nama “Parc-vaccinogène” (Lembaga Pengembangan Vaksin Negara). Sejak tahun 1997 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 tahun 1997, Bio Farma berubah menjadi Perseroan yang sahamnya sepenuhnya dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia dengan nama PT Bio Farma (Persero). Produk utamanya: Vaksin Virus, Vaksin Bakteri, Vaksin Kombinasi, Antisera dan lainnya. Budaya Bio Farma terdiri dari Tujuan, Filosofi, Visi, Misi, Tata Nilai, dan Kebijaksanaan.
   
Tujuan: Melakukan usaha di bidang penelitian, pengembangan, produksi dan pemasaran produksi biologi dan produk farmasi, dan alat kesehatan, serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki Perseroan untuk menghasilkan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat untuk mendapatkan/mengejar keuntungan guna meningkatkan nilai Perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas. Filosofi:Dedicated to improve quality of lifeVisi: Menjadi perusahaan life science kelas dunia yang berdaya saing global. Misi: Menyediakan dan mengembangkan produk life science berstandar internasional untuk meningkatkan kualitas hidup. Tata Nilai: Professional, Integrity, Team Work, Innovation, dan Customer OrientedKompetensi IntiAffordable life science product (biopharmaceutical), Innovation, Employee Engagement,Green Product /Process, dan Global Marketing. 

 

Untuk dapat mengimplementasikan KPKU secara efektif, efisien, dan optimal dalam segala dimensinya (Profil-Proses-Hasil), penyusunan Laporan Implementasi KPKU BUMN ini berdasarkan info terakhir dari Kementerian BUMN dengan surat Tanggal: 18 September 2014 Nomor: S- 2 7 2 /S.MBU/09/2014 Hal: Evaluasi Implementasi Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) Tahun 2014 yang antara lain menggariskan  tata cara sebagai berikut:

"a.  Menggunakan Kriteria KPKU versi tahun 2012; b. Dilakukan oleh Tim Evaluator yang berjumlah minimal 5 (lima) orang yang telah memiliki sertifikat pelatihan Evaluator KPKU; c. Tim Evaluator dapat terdiri dari seluruhnya dari BUMN atau kombinasi dengan melibatkan minimal 1 (satu) orang ekstemal BUMN ybt". 

Sebenarnya PT Bio Farma telah menyusun Laporan dimaksud - namun dengan menggunakan persyaratan KPKU BUMN tahun lalu (2013) yang semula diasumsikan tetap digunakan di Tahun 2014 ini. Dengan adanya arahan dari Kementerian BUMN, draf dimaksud disusun ulang dengan kembali menggunakan KPKU Tahun 2012. Sekalian dengan upaya penyempurnaan isi laporan, diharapkan diakhir workshop dapat dihasilkan Laporan Implementasi KPKU BUMN PT Bio Farma yang lebih memenuhi syarat guna menghadapi evaluasi implementasi KPKU tahun 2014 melalui metode self assessment.

 

Gallery

Lembayung Center