**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
JA slide show
 
Home PERANCANGAN DISBALI INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM
PERANCANGAN DISBALI INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM
WORKSHOP PENGEMBANGAN PROSEDUR
Denpasar (LCI-010416). Sesuai dengan konsep, materi, dan jadwal yang telah disepakati, PLN Disbali telah mengidentifikasikan dan menyusun Sistem Kerja dan Diagram Konteks yang akan dijadikan dasar penyusunan Prosedur.  Tibalah saatnya untuk mulai menyusun Prosedur dalam Disbali IMS.  Untuk kepentingan tersebut, acara dimulai dengan Workshop Pengembangan Prosedur Disbali IMS yang diselenggarakan dua hari pada Rabu dan Kamis tgl 30-31 Maret 2016. Setelah mengikuti Workshop dan Konsultansi ini - peserta diharapkan dapat mengenal, memahami, mendalami, merancang, dan mengimplementasikan persyaratan-persyaratan Integrated Management System di unit kerjanya dalam bentuk Prosedur-Prosedur sebagai identifikasi proses level ketiga setelah Sistem Kerja dan Diagram Konteks.
 

Program dengan jadwal selama dua hari tersebut diisi dengan acara-acara pokok sbb.

Hari Pertama – Rabu  30 Maret 2016

·  Pembukaan; Arahan Manajemen; Laporan Progress Perancangan Sistem Kerja dan Diagram Konteks.

·  Pengembangan   Prosedur: Teori Prosedur; Penataan Ulang Struktur dan Susunan Tim Perancang (khususnya Prosedur); Workshop Pembuatan Format/Template Prosedur; Contoh-contoh Prosedur.     

Hari Kedua – Kamis  31 Maret 2016

·  Workshop Pengembangan   Prosedur: Anggota Tim Perancang memilih salah satu  Prosedur dalam Diagram Konteksnya (DK) yang akan dirancang: Pengelolaan Niaga (DK-A); Pengelolaan Distribusi (DK-B); Pengelolaan SDMO (DK-C); Pengelolaan KHA (DK-D); Pengelolaan Keuangan (DK-E); Pengelolaan TI (DK-F); Pengelolaan K3 (DK-G); Pengelolaan Pengadaan (DK-H); Pengelolaan Perencanaan (DK-I); Pengelolaan Risiko (DK-J); Pengelolaan Audit (DK-K); Pengelolaan Kinerja (DK-L); Pengelolaan OPI (DK-M).

Penugasan Tim: Tindak Lanjut Penyusunan Prosedur oleh Tim; Reorganisasi Susunan Tim sesuai Blok Prosedur; Finalisasi Prosedur Disbali IMS.
                                                                     ***** 

REVIEW DIAGRAM KONTEKS

 
Denpasar (LCI-200316). Setelah mengidentifikasikan judul-judul Prosedur yang akan ada di setiap  Diagram Konteks melaui workshop Tgl. 26 Februari 2016, Subtim Perancangan Diagram Konteks selanjutnya menyusun draf Diagram Konteks. Setelah kurang lebih selama dua minggu disusun draf Diagram Konteks, tibalah saatnya untuk me-review-nya dalam program Review Diagram Konteks yang diselenggaran mulai Tgl 14 sampai dengan 24 Maret 2016 bertempat di ruang rapat Kantor PLN Distribusi Bali Jl Letda Tantular – Renon – Denpasar Bali.

Berdasarkan jadwal yang disusun sebelumnya, Review draf Diagram Konteks dilaksanakan dengan urutan sbb:

HARI PERTAMA - SENIN 15 MARET 2016

·      Pengembangan Diagram Konteks

·      Review Diagram Konteks A PENGELOLAAN NIAGA

HARI KEDUA - SELASA 15 MARET 2016

·      Review Diagram Konteks B PENGELOLAAN DISTRIBUSI

·      Review Diagram Konteks C PENGELOLAAN SDMO

HARI KETIGA – RABU 16 MARET 2016

·      Review Diagram Konteks D PENGELOLAAN KHA

·      Review Diagram Konteks E PENGELOLAAN KEUANGAN

HARI KEEMPAT – KAMIS 17 MARET 2016

·      Review Diagram Konteks F PENGELOLAAN TI

·      Review Diagram Konteks G PENGELOLAAN K3

HARI KELIMA – JUMAT 18 MARET 2016

·      Review Diagram Konteks H PENGELOLAAN PENGADAAN

·      Review Diagram Konteks I PENGELOLAAN PERENCANAAN

HARI KEENAM – SENIN 21 MARET 2016

·      Review Diagram Konteks J PENGELOLAAN RISIKO

·      Review Diagram Konteks K PENGELOLAAN AUDIT

HARI KETUJUH – SELASA 22 MARET 2016

·      Review Diagram Konteks L PENGELOLAAN KINERJA

·      Review Diagram Konteks M PENGELOLAAN OPI

HARI KEDELAPAN – RABU 23 MARET 2016

·      Pleno Review Diagram Konteks DK A s/d M

HARI KESEMBILAN– KAMIS 24 MARET 2016

·      Pleno Review Sistem Kerja.

 

Review terinci dilakukan dengan urutan aktivitas sbb:

·   Check Status Sistem Kerja

·   Isu Kebijakan Sistem Kerja

·   Kesepakatan Format Diagram Konteks

·   Check Status Draf Diagram Konteks Yang Mutakhir

·   Check Matriks Kepatuhan

·   Check Status Interface Internal & Eksternal DK A s/d DK M

·   Pemetaan Klausul

·   Isu Kebijakan DK

 

Penugasan tim selanjutnya adalah penyelesaian Diagram Konteks dengan: mendapatkan persetujuan dari pemilik Diagram Konteks dan mulai mencari sumber/bahan untuk menyusun prosedur yang menjadi tugas seluruh anggota tim selanjutnya.

 *****

Denpasar (LCI-270216). Setelah  disusun Sistem Kerja, langkah berikutnya adalah mengidentifikasikan Diagram Konteks sebagai identifikasi proses level dua dalam Disbali IMS. Dua hari berturut-turut Kamis – Jum’at Tgl 25-26 Maret 2016, dilakukan Workshop Pengembangan Diagram Konteks.  Didahului dengan Teori Pengembangan Diagram Konteks, kemudian dilanjutkan dengan menidentifikasikan Prosedur-Prosedur yang ada di setiap (tiga belas) Diagram Konteks. 

Berdasarkan identifikasi prosedur dalam setiap Diagram Konteks, “pekerjaan berikutnya” bagi setiap anggota SubTim (Diagram Konteks) adalah menyusun interaksi antar prosedur sesuai dengan persyaratan IMS dalam bentuk bagan alir.  Sesuai rencana draf Bagan Alir setiap Diagram Konteks akan di-review terhitung mulai Tgl 14 s/d 25 Maret 2016.

 
*****

PENGEMBANGAN SISTEM KERJA 

Denpasar (250216). Setelah  Executive Briefing On Integrated Management System di hadapan Para Pemimpin Senior, dilanjutkan dengan Pengenalan Sistem Manajemen Untuk Integrated Management System bagi para calon anggota Tim Perancang Integrated Management System, dan untuk menandai tekad jajaran PLN Disbali meraih kinerja kelas dunia dengan program World Class Company di Tahun 2020 dengan platform implementasi Integrated Management System, Para Pemimpin Senior PLN Disbali bersama-sama menandatangani “prasasti” KOMITMEN IMS – IMPLEMENTASI INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM”.

Selanjutnya Tim Perancang mengadakan workshop untuk mengembangan Sistem Kerja PLN Disbali. Berjalan selama tiga hari penuh mulai Tgl 22 sampai dengan 24 Februari 2016, Tim berhasil menyusun Sistem Kerja dengan Status Revisi 00.  Sistem Kerja ini adalah identifikasi proses sesuai persyaratan Standar ISO & Kriteria Baldrige dan PAS 99 – untuk selanjutnya dikembangkan menjadi Diagram Konteks dan Prosedur sebagai identifikasi proses level 2 dan 3 beserta interaksinya yang akan dijadikan sebagai fondasi Disbali Integrated Management System.  Sistem Kerja memiliki 13 Blok Proses yang akan dijadikan 13 Diagram Konteks.

                                                                  *****

 

KOMITMEN IMS – IMPLEMENTASI INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM 

Denpasar (060216) Menandai tekad jajaran PLN Disbali untuk meraih kinerja kelas dunia dengan program World Class Company di Tahun 2020 dengan platform implementasi Integrated Management System, selesai acara Executive Briefing on IMS dan Pengenalan Sistem Manajemen Untuk IMS – Para Pemimpin Senior PLN Disbali di Hari Jum’at Tgl 05 Februari 2016 bersama-sama menandatangani “prasasti” KOMITMEN IMS – IMPLEMENTASI INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM”.  Penandatangan komitmen adalah General Manager, Para Manajer Bidang, Manajer Area, dan Manajer Rayon.

 

                                                                                    ***** 

PENGENALAN SISTEM MANAJEMEN UNTUK INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM

Denpasar (060216). Melanjutkan Executive Briefing Tgl 02 Februari 2016, para calon anggota Tim Perancang Integrated Management System PLN Disbali melanjutkan acara dengan Pengenalan Sistem Manajemen Untuk Integrated Management System selama tiga hari mulai Selasa s/d Jum’at Tgl 03 s/d 05 Februari 2016.  Disepakati bahwa Standar Sistem Manajemen yang akan diintegrasikan adalah:

  • ISO 9001:2015 Standar Sistem Manajemen Mutu
  • CD2 ISO 45001:2016 Sistem Standar Manajemen K3
  • PP 50 TH 2012: Penerapan Sistem Manajemen K3
  • Peraturan Kapolri No 24 Tahun 2007: Sistem Manajemen Pengamanan
  • Criteria for Performance Excellence 2015 – 2016
  • Kriteria Penilaian Kinerja Unggul BUMN 2015; dengan menggunakan:

PAS 99:2012 Specification of Common Management System Requirement as a Framework for Integration.

Mengingat bahwa perusahan yang mengimplementasikan berbagai Sistem Manajemen bertujuan untuk meningkatkan keunggulan kinerjanya dalam situasi yang semakin kompetitif.  Demikian juga halnya PLN Disbali yang telah beberapa tahun yl menerapkan Kriteria Baldrige/KPKU. Dalam mengimplementasikan Criteria for Performance Excellence  dalam segala dimensinyanya (Processes - Results), teridentifikasi masih banyaknya proses-proses yang belum sistematis dalam pengelolaan organisasi.  Untuk menanggulanginya diperlukan pengelolaan proses yang komprehensif.  Dalam hal ini PLN Disbali bertekad untuk merancang, mengimplementasikan, dan memperbaiki sistem manajemen yang disebut Integrated Management System dengan ruang lingkup PLN Disbali. Setelah mengikuti serangkaian Executive Briefing, Pelatihan, Workshop, dan Konsultansi - peserta diharapkan dapat mengenal, memahami, mendalami, serta mulai merancang dan kelak mengimplementasikan persyaratan-persyaratan Integrated Management System di PLN Disbali.

                                                                      *****

EXECUTIVE BRIEFING ON INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM 

Denpasar (030216). Dengan menggunakan bendera Lembaga Penelitian Kependudukan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Udayana, Lembayung Center Indonesia sebagai “MITRA” menggelar Exective Briefing On Integrated Management System di hadapan Para Pemimpin Senior PLN Distribusi Bali bertempat di Aula Bougenville Jl. Letda Tantular No. 1 Renon Denpasar 80234 pada Hari Selasa Tgl 02 Februari 2016.

Diuraikan dalam briefing tsb: Konsep Integrated Management System: Versi ISO, Versi PAS 99, Versi Lembayung Center; Identifikasi Tujuan dan Ruang Lingkup Integrasi; Studi Kasus Integrasi;  Kerangka Kerja Integrasi; Pendekatan Sistem Kerja/Proses Bisnis; Review Tim Perancang; Jadwal & Materi Perancangan, Langkah Perancangan, Implementasi, dan Sertifikasi.

 

Turut memberikan arahan sebelum briefing dilaksanakan adalah: PLH GM PLN Distribusi Bali Alam Awaludin, Manager SDM Tris Yanuarsah, Senior Manager dari PLN Pusat Supriyo, dan Manager Representatives  Disjaya IMS Anne Nurtjahayati. Sementara dari Tim UNUD hadir: Putu Saroyeni, NW Sri Suprapti, dan I Wayan Budi Utama. Beberapa keputusan penting yang diambil di akhir briefing adalah: Nama sistem yang akan dirancang adalah Balive Integrated Management System dengan mengintegrasikan ISO 9001:2015; ISO 45001:2016; PP 50 Tahun 2012, Perkap 24 Tahun 2007, dan Kriteria Baldrige/KPKU 2015-2016.  Disusun pula Tim Perancang dengan susunan inti a.l: Ketua: B.I Putu Priyatna, Wakil Ketua K. Yogaster; Sekretaris: Luh Putu Musgitariasih dibantu IGN Agung Sutrisna DP dan Arini Mardi Jayatri.

                                                                              *****

SOSIALISASI INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM (IMS) DI PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI BALI

 

Denpasar (LCI100915). Tekad mencapai Bali 2020 berupa target mencapai World Class Company di Tahun 2020, PLN Distribusi Bali berancang-ancang untuk mengimplementasikan Integrated Management System yang akan dimulai perancangannya dalam waktu dekat.  Mengawali upaya ini, jajaran Pemimpin Senior di bawah kepemimpinan General Manager Bpk. Doddy B. Pangaribuan mengadakan Sosialisasi IMS bersama Iskandar Sadikin pada Kamis Tgl 10 September 2015 bertempat di ruang Bougenville Kantor PT PLN (Persero) Distribusi Bali Jl. Letda Tantular No 1 Denpasar.  Dalam acara yang berjalan selama empat jam tersebut didiskusikan Konsep Integrated Management System berbasis Standar ISO, PAS 99, dan Kriteria Baldrige 2015-2016.  Hadir pula dua perwakilan Universitas Udayana yang kelak akan menjadi mitra PLN Disbali pada saat merancang IMS.  Beliau adalah: Ibu NW Sri Suprapti dan Ibu Putu Saroyini.

Sekitar 31 langkah yang akan dilalui untuk menuntaskan program ini: 1. Executive Briefing on IMS & Baldrige; 2. Pengenalan ISO 9000 ; 3. Pengenalan ISO 14000; 4 . Pengenalan OHSAS 18000; 5. Pengenalan Kriteria Baldrige; 6. Pengenalan PAS 99; 7. Penyusunan Sistem Kerja/Proses Bisnis; 8. Penyusunan Diagram Konteks; 9. Pembuatan Diagram Konteks; 10. Review Diagram Konteks; 11. Penyusunan Prosedur; 12. Pembuatan Prosedur; 13. Review Prosedur; 14. Penyusunan Integrated Procedure Manual; 15. Pembuatan Integrated Procedure Manual; 16. Penyusunan Dok. Referensi & Dok. Catatan; 17. Pembuatan Daftar Induk DR & DC; 18. Review DIDR & DICC; 19. Procedure Testing; 20. Dokumentasi IMS PLN Distribusi Bali; 21. Penyusunan Integrated System Manual (ISM); 22. Pembuatan ISM; 23. Review ISM; 24. Super Executive Briefing on IMS PLN Distribusi Bali; 25. Kick-Off  Implementasi; 26. Pelatihan Audit Internal IMS; 27. Pelaksanaan Audit Internal; 28. Management Review; 29. Tindakan Perbaikan; 30. Pre Assessment; 31. Sertifikasi IMS.

 

Gallery

Lembayung Center