**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
JA slide show
 
Home DISBALI INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM
DISBALI INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM
Denpasar (LCI-160716). Tgl 14 dan 15 Juli 2016, Tim Perancang Disbali IMS mengadakan Workshop Pengembangan Daftar Induk Dokumen Referensi & Daftar Induk Dokumen Catatan bertempat di Ruang Bougenville Kantor PT PLN (Persero) Distribusi Bali.  Langkah ini dilakukan setelah seluruh Prosedur dalam Disbali IMS selesai di-review – yang menurut kalkulasi terakhir berjumlah 54 (lima puluh empat) Prosedur yang kemudian dihimpun menjadi Integrated Procedure Manual.
Yang menjadi dasar penyusunan ini adalah:

Spec PAS 99:2012 Nomor: 3.12 yang mendefinisikan Informasi Terdokumentasi: Informasi yang perlu dikendalikan dan dipelihara oleh organisasi dan media yang memuat isinya. CATATAN 1: Informasi terdokumentasi bisa dalam berbagai format dan media serta dari berbagai sumber. CATATAN 2 Informasi terdokumentasi dapat mengacu kepada: • Sistem manajemen termasuk proses terkait; • Informasi yang dibuat untuk operasi organisasi (dokumentasi); • Bukti hasil yang dicapai (catatan).

Nomor 7.5.1 Umum - yang mempersyaratkan:

Organisasi informasi terdokumentasi SMT harus meliputi:

a)    Deskripsi ruang lingkup sistem manajemen termasuk SSM yang diimplementasikan;

b)    Pernyataan kebijakan dan sasaran organisasi;

c)  Pedoman sistem (berbasis elektronik atau kertas), menguraikan elemen-elemen utama sistem manajemen dan interaksinya, termasuk kebijakan umum, proses-proses dan prosedur serta referensi  dokumen terkait;

d)  Prosedur terdokumentasi dan catatan yang dipersyaratkan SSM yang diimplementasikan organisasi (berbagai disiplin bisa memiliki persyaratan spesifik untuk membuat catatan yang diperlukan untuk alasan regulasi, asuransi dlsb);

e)  Dokumen yang diperlukan oleh organisasi guna memastikan efektivitas perencanaan, operasi dan pengendalian atas proses-proses.

 

***** 

  

Denpasar (LCI-140716). Jedah satu hari setelah cuti bersama terkait Hari Raya Idul Fitri 1437 H – Tgl 12 dan 13 Juli 2016, Tim Perancang Disbali IMS mengadakan Workshop Pengembangan Integrated Procedure Manual bertempat di Ruang Bougenville Kantor PT PLN (Persero) Distribusi Bali.  Langkah ini dilakukan setelah seluruh Prosedur dalam Disbali IMS selesai di-review – yang menurut kalkulasi terakhir berjumlah 54 (lima puluh empat) Prosedur.

Setelah pembekalan mengenai Teori menyusun Integrated Procedure Manual yang memenuhi persyaratan Integrated Management System, workshop selanjutnya memecah diri menjadi Subtim sesuai kelompok Prosedur yang dihimpun dalam setiap Bab.

 

·   Bab I LEMBAR KENDALI

·   Bab II PENGELOLAAN NIAGA (DK-A)

·   Bab III PENGELOLAAN DISTRIBUSI (DK-B)

·   Bab IV PENGELOLAAN SDMO (DK-C)

·   Bab V PENGELOLAAN KHA (DK-D)

·   Bab VI PENGELOLAAN KEUANGAN (DK-E)    

·   Bab VII PENGELOLAAN TI (DK-F)

·   Bab VIII PENGELOLAAN K3 (DK-G)

·   Bab IX PENGELOLAAN PENGADAAN (DK-H)

·   Bab X PENGELOLAAN PERENCANAAN (DK-I)

·   Bab XI PENGELOLAAN RISIKO (DK-J)

·   Bab XII PENGELOLAAN AUDIT (DK-K)

·   Bab XIII PENGELOLAAN KINERJA (DK-L)

  dan Bab XIV PENGELOLAAN OPI (DK-M).

 

Khusus Bab I yang menjadi tanggung jawab Management Representatives berhasil disusun dengan Status Revisi 00 yang terdiri dari: o Lembar Sampul, o Daftar Isi, o Daftar Distribusi, o Daftar Status Revisi, o Daftar Istilah dan Singkatan. Tugas penting selanjutnya bagi anggota Tim Perancang adalah menuntaskan Prosedur, sehingga final dan dicetak untuk ditandatangani oleh Pemilik Prosedur (Deputi Manajer/setingkat), atasan Pemilik Prosedur (Manajer/setingkat), dan Management Representatives (mewakili seluruh Manajemen Puncak). 

*****

 

Denpasar (LCI-240616) Sesi kedua Review Prosedur berjalan mulai Hari Senin Tgl 13 sampai dengan 23 Juni 2016 bertempat di Rayon Denpasar (minggu pertama) dan Rayon Mengwi & Kantor Induk (minggu kedua). Review ini melanjutkan pembahasan atas draf Prosedur yang tersisa dari review sesi pertama terdiri dari Prosedur yang ada dalam Diagram Konteks: PENGELOLAAN TI (DK-F), PENGELOLAAN K3 (DK-G), PENGELOLAAN PENGADAAN (DK-H), PENGELOLAAN PERENCANAAN (DK-I), PENGELOLAAN RISIKO (DK-J), PENGELOLAAN AUDIT (DK-K), PENGELOLAAN KINERJA (DK-L), PENGELOLAAN OPI (DK-M).

 

Setelah dilakukan serangkaian Review atas draf Prosedur tersebut – diperoleh Prosedur dengan Status Revisi 01 (Hasil Review):

F.01 Implementasi Sistem TI, F.02 Pengelolaan Aplikasi TI, F.03 Pengelolaan Database Aplikasi TI, F.04 Pengelolaan Infrastruktur TI;

G.01 Identifikasi Bahaya Penilaian Dan Pengendalian Risiko K3, G.02 Penanganan Dan Penyimpanan Limbah B3, G.03 Tanggap Darurat, G.04 Pelaporan Insiden dan Investigasi K3, G.05 Pemantauan Dan Pengukuran Kinerja K3;

H.01 Perencanaan Pengadaan, H.02 Pelaksanaan Pengadaan, H.03 Evaluasi Vendor;

I.01 Perencanaan Strategis, I.02 Perencanaan Sistem Kelistrikan, I.03 Pengelolaan Kinerja Organisasi;

J.01 Perencanaan dan Penentuan Konteks Risiko Organisasi, J.02 Pengelolaan Mitigasi Risiko, J.03 Pemantauan dan Pelaporan Risiko;

K.01 Perencanaan Audit Internal, K.02 Pelaksanaan Audit Internal, K.03 Monitoring Tindak Lanjut Audit Internal, K.04 Evaluasi dan Kompetensi Auditor;

L.01 Pengendalian Dokumen Informasi, L.02 Perbaikan Dokumen IMS, L03 Monitoring Pencapaian Kinerja IMS, L.04 Tinjauan Manajemen, L.05 Penyusunan Laporan Kinerja IMS;

M.01 Analisis Ketidaksesuaian dan Tindakan Koreksi, M.02 Perbaikan Berkesinambungan.

Langkah berikutnya dalam rangkaian perancangan Disbali IMS adalah menyusun seluruh prosedur tersebut dalam Integrated Procedure Manual serta Menyusun Daftar Induk Dokumen Referensi dan Daftar Induk Dokumen Catatan yang Insya Allah akan dilaksanakan Workshop-nya pada Tgl 12 s/d 15 Juli 2016 yad.

                                                                  ***** 

Denpasar (LCI-040616). Setelah PT PLN DISBALI berhasil menyusun Sistem Kerja, Diagram Konteks, dan Draf Prosedur dalam Integrated Management System, tahap selanjutnya adalah me-review Draf Prosedur.  Sebelum menyusun Integrated Procedure Manual - perlu diyakini bahwa Prosedur yang telah dirancang oleh Tim, telah memenuhi persyaratan-persyaratan Integrated Management System (IMS).  Untuk itu diperlukan Review atas Prosedur yang telah dirancang Tim.  Sesi pertama review ini dilakukan Lembayung Center bersama Tim Perancang Disbali IMS selama delapan hari kerja terhitung mulai Hari Rabu Tgl 25 Mei 2016 sampai dengan Hari Jum’at Tgl 03 Juni 2016 di Denpasar.

Review dilaksanakan untuk Prosedur yang ada dalam Diagram Konteks:

PENGELOLAAN NIAGA (DK-A)

PENGELOLAAN DISTRIBUSI (DK-B)

PENGELOLAAN SDMO (DK-C)

PENGELOLAAN KHA (DK-D)

PENGELOLAAN KEUANGAN (DK-E)    

 

Setelah dilakukan serangkaian Review atas draf Prosedur tersebut – diperoleh Prosedur dengan Status Revisi 01 (Hasil Review):

A.01 PELAYANAN PELANGGAN

A.02 PEMBACAAN METER DAN PEMBUATAN TAGIHAN LISTRIK

A.03 PENAGIHAN DAN PENGAWASAN PIUTANG LISTRIK

A.04 EVALUASI MUTU LAYANAN PELANGGAN

B.01 PERENCANAAN POLA OPERASI DAN PEMELIHARAAN SISTEM DISTRIBUSI

B.02 PENGENDALIAN LOGISTIK

B.03 PENGENDALIAN KONTRUKSI DISTRIBUSI

B.04 OPERASI SISTEM DISTRIBUSI

B.05 PEMELIHARAAN SISTEM DISTRIBUSI

B.06 PENGENDALIAN PENGUKURAN DAN EVALUASI SUSUT

B.07 PENGELOLAAN ASET DISTRIBUSI

C.01 PERENCANAAN ORGANISASI DAN PEGAWAI

C.02 PENGEMBANGAN KOMPETENSI DAN DIKLAT

C.03 PENGELOLAAN KARIR & KINERJA PEGAWAI

C.04 PENGELOLAAN ADMINISTRASI DAN DATA PEGAWAI

C.05 PENGELOLAAN REMUNERASI DAN BENEFIT PEGAWAI

C.06 HUBUNGAN INDUSTRIAL DAN PENGAWASAN TENAGA KERJA

 

D.01 KOMUNIKASI INTERNAL DAN EKSTERNAL

D.02 PENERBITAN PRODUK HUKUM

D.03 TATA LAKSANA SURAT DAN KEARSIPAN

D.04 PENGELOLAAN CSR

D.05 PENGELOLAAN KEAMANAN

D.06 PENGELOLAAN ASET DAN FASILITAS GEDUNG/KANTOR

E.01 PENETAPAN ANGGARAN

E.02 PEMBAYARAN

E.03 PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN

 

Gallery

Lembayung Center