**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
JA slide show
 
Home PENYUSUNAN INTEGRATED SYSTEM MANUAL DISBALI IMS
PENYUSUNAN INTEGRATED SYSTEM MANUAL DISBALI IMS
 
Denpasar (LCI-051016). Setelah seluruh DIDR dan DIDC di-review, tiba saatnya PLN Distribusi Bali menyusun Integrated System Manual dalam Disbali IMS. Tahapan ini dilaksanakan dalam kurun waktu antara Tgl. 28 September sampai dengan 05 Oktober 2016.
Untuk memenuhi Persyaratan  Dokumentasi Sistem sesuai Standar Internasional yang diintegrasikan, Pengembangan ISM dilakukan dengan menyusunnya menjadi beberapa Bab yang digarap oleh masing-masing SubTim Perancang Disbali IMS.

Tim Penyusun ISM:

Tim Sekretariat; BAB 1.0 Lembar Kendali: SubTim BAB 1; BAB 2.0 Matriks Pernyataan Kepatuhan: SubTim BAB 2; BAB 3.0 Pendahuluan: SubTim BAB 3; BAB 4.0 Profil Organisasional: SubTim BAB 4; BAB 5.0 Kewenangan & T.J Pemimpin Senior: SubTim BAB 5; BAB 6.0 Rencana Mutu Produk:       SubTim BAB 6; BAB 7.0 Sistem Kerja: SubTim BAB 7, BAB 8.0 Diagram Konteks: SubTim BAB 8.

Yang paling banyak “keroyokannya” adalah untuk penyusunan BAB 8.0 Diagram Konteks – karena terdiri dari seluruh Diagram Konteks yang ada sebagai SubBab:  

8.1    PENGELOLAAN NIAGA (DK-A)

8.2    PENGELOLAAN DISTRIBUSI (DK-B)

8.3    PENGELOLAAN SDMO (DK-C)

8.4    PENGELOLAAN KHA (DK-D)

8.5    PENGELOLAAN KEUANGAN (DK-E)    

8.6    PENGELOLAAN TI (DK-F)

8.7    PENGELOLAAN K3 (DK-G)

8.8    PENGELOLAAN PENGADAAN (DK-H)

8.9    PENGELOLAAN PERENCANAAN (DK-I)

8.10  PENGELOLAAN RISIKO (DK-J)

8.11  PENGELOLAAN AUDIT (DK-K)

8.12  PENGELOLAAN KINERJA (DK-L)

8.12  PENGELOLAAN OPI (DK-M)
***** 

Denpasar (LCI-070916) Dalam persyaratan klausul untuk menyusun Integrated Management System/Sistem Manajemen Terpadu, Informasi terdokumentasi SMT harus meliputi:

a)    Deskripsi ruang lingkup sistem manajemen termasuk Standar Sistem Manajemen yang diimplementasikan;

b)    Pernyataan kebijakan dan sasaran organisasi;

c)    Pedoman sistem (berbasis elektronik atau kertas), menguraikan elemen elemen utama sistem manajemen dan interaksinya, termasuk kebijakan umum, proses-proses dan prosedur serta referensi dokumen terkait;

d)    Prosedur terdokumentasi dan catatan yang dipersyaratkan SSM yang diimplementasikan organisasi (berbagai disiplin bisa memiliki persyaratan spesifik untuk membuat catatan yang diperlukan untuk alasan regulasi, asuransi dlsb);

e)    Dokumen yang diperlukan oleh organisasi guna memastikan efektivitas perencanaan, operasi dan pengendalian atas proses-proses.

 

  

Dalam konteks inilah PLN Disbali dalam kurun waktu Tgl 18 Agustus s/d 26 September 2016 menjadwalkan Review DIDR & DIDC Disbali IMS sebelum bergerak ke

program-program Tahap 3 lainnya untuk menuntaskan perancangan dokumen sebelum “kick-off” yang direncanakan pada Tgl 5 Oktober 2016. Sesi 1 Review tsb

dilaksanakan terhitung mulai Tgl 18 s/d 26 Agustus 2016 bertempat di Ruang Rapat Bidang Niaga Kantor Induk PLN Distribusi Bali.

Pada Sesi 1 ini telah di-review berbagai Dokumen Referensi dan Dokumen Catatan yang ada dalam Prosedur:

A.01 PELAYANAN PELANGGAN;  A.02 PEMBACAAN METER DAN PEMBUATAN TAGIHAN LISTRIK; A.03 PENAGIHAN DAN PENGAWASAN PIUTANG

LISTRIK;  A.04 EVALUASI MUTU LAYANAN PELANGGAN.

K.01 PERENCANAAN AUDIT INTERNAL; K.02 PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL; K.03 EVALUASI DAN KOMPETENSI AUDITOR. 

M.01 ANALISIS KETIDAKSESUAIAN DAN TINDAKAN KOREKSI;  M.02 PERBAIKAN BERKESINAMBUNGAN.

 L.01 PENGENDALIAN DOKUMEN INFORMASI;  L.02 PERBAIKAN DOKUMEN IMS;  L.03 MONITORING PENCAPAIAN KINERJA IMS; L.04 TINJAUAN

MANAJEMEN;  L.05 PENYUSUNAN  LAPORAN KINERJA IMS.

D.01 KOMUNIKASI INTERNAL DAN EKSTERNAL; D.02 PENERBITAN PRODUK HUKUM; D.03 TATA LAKSANA SURAT DAN KEARSIPAN;

D.05PENGELOLAAN KEAMANAN; D.04 PENGELOLAAN CSR  

 

 ***** 

Sesi 2 Review tsb dilaksanakan terhitung mulai Tgl 29 Agustus s/d 02 September 2016 bertempat di Ruang Rapat Bidang Niaga Kantor Induk PLN Distribusi Bali.

Pada Sesi 2 ini telah di-review berbagai Dokumen Referensi dan Dokumen Catatan yang ada dalam Prosedur:

E.01 PENETAPAN ANGGARANE.02 PEMBAYARAN; E.03 PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN 

D.06 PENGELOLAAN ASET DAN FASILITAS GEDUNG/KANTOR.

G.04 PELAPORAN INSIDEN DAN INVESTIGASI K3; G.05 PEMANTAUAN DAN  PENGUKURAN KINERJA K3.

F.01 IMPLEMENTASI SISTEM TI;  F.02 PENGELOLAAN APLIKASI TI; F.03 PENGELOLAAN DATABASE APLIKASI TI; F.04 PENGELOLAAN INFRASTRUKTUR TI; 

H.01 PERENCANAAN PENGADAAN; H.02 PELAKSANAAN PENGADAAN; H.03 EVALUASI VENDOR

G.01 IDENTIFIKASI BAHAYA PENILAIAN DAN PENGENDALIAN RISIKO K3; G.02 PENANGANAN DAN PENYIMPANAN LIMBAH B3; G.03 TANGGAP DARURAT

 

 

*****

Berdasarkan jadwal yang sudah disusun, DIDR dan DIDC yang belum dilaksanakan review-nya, diselesaikan dalam kurun waktu antara Tgl.19 sampai dengan 26

September 2016. Review atas Dokumen Referensi dan Dokumen Catatan Disbali Integrated Management System Sesi 3 ini dilaksanakan bertempat di Ruang Rapat

Quality Assurance Kantor Induk PLN Distribusi Bali. 

Pada Sesi 3 ini telah di-review berbagai Dokumen Referensi dan Dokumen Catatan yang ada dalam Prosedur:

PENGELOLAAN PERENCANAAN (DK-I): I.01 PERENCANAAN STRATEGIS; I.02 PERENCANAAN SISTEM KELISTRIKAN; I.03 PENGELOLAAN KINERJA ORGANISASI. 

PENGELOLAAN RISIKO (DK-J): J.01 PERENCANAAN DAN PENENTUAN KONTEKS RISIKO ORGANISASI; J.02 PENGELOLAAN MITIGASI RISIKO; J.03 PEMANTAUAN DAN PELAPORAN RISIKO.

PENGELOLAAN DISTRIBUSI (DK-B): B.01 PERENCANAAN POLA OPERASI DAN PEMELIHARAAN SISTEM DISTRIBUSI; B.02 PENGENDALIAN LOGISTIK; B.03 PENGENDALIAN KONTRUKSI DISTRIBUSI; B.04 OPERASI SISTEM DISTRIBUSI; B.05 PEMELIHARAAN SISTEM DISTRIBUSI; B.06 PENGENDALIAN PENGUKURAN DAN EVALUASI SUSUT; B.07 PENGELOLAAN ASET DISTRIBUSI.

PENGELOLAAN SDMO (DK-C): C.01 PERENCANAAN ORGANISASI DAN PEGAWAI; C.02 PENGEMBANGAN KOMPETENSI DAN DIKLAT; C.03 PENGELOLAAN KARIR & KINERJA PEGAWAI; C.04 PENGELOLAAN ADMINISTRASI DAN DATA PEGAWAI; C.05 PENGELOLAAN  REMUNERASI DAN BENEFIT PEGAWAI; C.06 HUBUNGAN INDUSTRIAL DAN PENGAWASAN TENAGA KERJA.

 

Dengan telah selesainya seluruh draf DIDR dan DIDC di-review maka selesai pula tahapan program Penyusunan Daftar Induk Dokumen Referensi dan Daftar Induk Dokumen Catatan.  Tinggal mencetaknya, menandatanganinya, dan melengkapkan “fisik”  dokumen-dokumennya sebagai “lampiran” untuk menjadi “master” Dokumen Disbali IMS Level III: Daftar Induk Dokumen Referensi dan Level IV: Daftar Induk Dokumen Catatan.  Langkah berikutnya adalah menyusun Disbali Integrated System Manual. 

 

Gallery

Lembayung Center