**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
JA slide show
 
Home PT JASA MARGA (PERSERO) Tbk CABANG PALIKANCI
PT JASA MARGA (PERSERO) Tbk CABANG PALIKANCI

Cirebon (LCI-151016). Menjelang penilaian kinerja Cabang-Cabang PT Jasa Marga (Persero) Tbk oleh Jasa Marga Pusat, Palikanci mengawali persiapannya dengan menyelenggarakan Workshop Pemahaman KPKU 2016 sekaligus penataan Sistem Manajemen Terintegrasi.  Acara dilaksanakan di Ruang Rapat JM Cabang Palikanci selama tiga hari berturut-turut pada Tgl 12-13-14 Oktober 2016.

Dua hari pertama diisi dengan upaya pemahaman KPKU berbasis Kriteria Baldrige 2015-2016 dengan urutan pembahasan mulai dari: Profil Organisasional: P.1 Deskripsi Organisasional, P.2 Situasi Organisasional; Kategori 1. Kepemimpinan: 1.1 Kepemimpinan Senior, 1.2 Tata Kelola dan Tanggungjawab Kemasyarakatan; 2. Strategi: 2.1 Pengembangan Strategi, 2.2 Implementasi Strategi; 3. Pelanggan: 3.1  Suara Pelanggan, 3.2  Engagement Pelanggan; 4. Pengukuran, Analisis, dan Manajemen Pengetahuan: 4.1 Pengukuran, Analisis, dan Perbaikan Kinerja Organisasional,  4.2 Manajemen Pengetahuan, Informasi, dan Teknologi Informasi; 5. Tenaga Kerja: 5.1 Lingkungan Tenaga Kerja, 5.2 Engagement Tenaga Kerja; 6. Operasi: 6.1 Proses Kerja: 6.2 Efektivitas Operasional; 7. Hasil: 7.1 Hasil Produk dan Proses, 7.2 Hasil Fokus Pelanggan, 7.3 Hasil Fokus Tenaga Kerja, 7.4 Hasil Kepemimpinan dan Tata K Kelola; 7.5 Hasil Finansial dan Pasar.

 

Hari ketiga dimanfaatkan untuk lebih memahami persyaratan IMS (Integrated Management System) sehingga dapat lebih efektif dan efisien mengembangkan Sistem Manajemen yang selama ini telah diimplementasikan.  Aspek penting yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana agar sinkron dengan JM Way yang mulai digarap JM Pusat.

***** 

PELATIHAN AUDIT INTERNAL BERBASIS ISO 19011:2011

Cirebon (LCI301415) Mempertimbangkan semakin berkurangnya tenaga Auditor Internal di jajaran Jasa Marga Cabang Palikanci – sementara implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dan Sistem Manajemen K3 berbasis OHSAS 18001:2007 berjalan terus bahkan menjelang habisnya masa berlakunya sertifikat.  Sekaligus dalam rangka memenuhi kebutuhan kompetensi, JM Palikanci dengan persetujuan Jasa Marga Pusat, menyelenggarakan pelatihan Audit Internal selama 4 hari mulai Tgl 27 s/d 30 April 2015 bertempat di Aula JM Palikanci Jl. Raya Cirebon Kuningan KM 8 Ciperna - Cirebon 45171 dengan 20 peserta.

Pelatihan dipatok dengan Target Kompetensi:  Mencetak Auditor Internal yang menguasai bidang mutu (ISO 9001) dan K3 (OHSAS 18001) dengan level mampu membuat analisis yang lebih kompleks, me-review implementasi sistem, menjadi role model, dan menyelesaikan isu dengan efektif.   

MATERI DAN JADWAL PELATIHAN

 HARI PERTAMA

1.     PEMBUKAAN:   Registrasi; Pembukaan; Arahan Manajemen; Pre Test.

2.     OVERVIEW AUDIT INTERNAL: Ruang Lingkup; Referensi Normatif; Istilah dan Definisi.

3.     OVERVIEW ISO 9001: ISO dan Standar ISO; Family ISO 9000; ISO 9001:2008.

4.     OVERVIEW OHSAS 18001: ISO dan BSI; Standar OHSAS; Family OHSAS; OHSAS 18001:2007.

 HARI KEDUA

5.     PRINSIP-PRINSIP AUDITING: Enam Prinsip Audit.

6.   PENGELOLAAN PROGRAM AUDIT: Umum; Sasaran Program Audit; Menyusun Program Audit; Melaksanaan Program Audit; Memonitor Program Audit; Meninjau dan Menyempurnakan Audit; Studi Kasus SM JM Palikanci.

 

HARI KETIGA

7.  PELAKSANAAN AUDIT: Inisiatif Audit; Persiapan Audit; Pelaksanaan Kegiatan Audit; Penyusunan Laporan Audit; Penyelesaian Audit; Tindak Lanjut Audit; Studi Kasus SM JM Palikanci.

8.   KOMPETENSI DAN EVALUASI AUDITOR: Menetapkan Kompetensi Auditor; Menetapkan Kriteria Evaluasi Auditor; Menentukan Metode Evaluasi Auditor; Melaksanakan Evaluasi Auditor; Memelihara Kompetensi Auditor.

 HARI KEEMPAT

9.     PRAKTIK AUDIT: Audit Dokumen; Audit Implementasi; Penyusunan Laporan Audit.

10. PENUTUPAN: Post Test; Langkah/Program Tindak Lanjut.

Pelatihan ditutup oleh General Manager JM Palikanci Teddy Rosady Hari Kamis Tgl 30 April 2015 tepat Pk 15.30.

 

***** 

PENDALAMAN KPKU 2014 DAN SMT PT JASA MARGA CABANG PALIMANAN-KANCI

Cirebon (LCI140514). Memasuki Tahun 2014 dan untuk mempersiapkan diri lebih baik dalam menyusun Laporan KPKU Jasa Marga tahun berjalan, jajaran JM Palikanci di bawah pimpinan General Manager Roy Ardian Darwis menyelenggarakan workshop Pendalaman Kriteria Penilaian Unggul dan Pengenalan Sistem Manajemen Terpadu bersama Lembayung Center bertempat di Kantor Cabang JM Palikanci JL. Jend. Sudiman - Cirebon.

JM Cabang Palikanci yang mengoperasikan Jalan tol Palimanan–Kanci (Palikanci) mulai beroperasi sejak tahun 1997. Jalan tol ini membentang sepanjang 26,3 kilometer dan memiliki 2x2 lajur. Saat ini Jalan tol Palikanci tidak hanya menghubungkan Palimanan dengan Kanci, namun tol tersambung langsung dengan Jalan Tol Kanci-Pejagan yang dioperasikan oleh perusahaan swasta. Selain menjadi bagian dari Trans Jawa, Jalan Tol Palikanci juga menjadi urat nadi bagi transportasi jalur Pantura, khususnya di wilayah Cirebon, karena dengan adanya tol ini kendaraan tidak perlu melalui Kota Cirebon dan dapat menghemat waktu serta biaya operasional kendaraan.

Dalam workshop yang berjalan selama tiga hari dari Tgl 12 s/d 14 Mei 2014 tersebut, selain didiskusikan secara intensif mengenai topik-topik penting dalam KPKU 2013-2014 yang berbasis Kriteria Baldrige, juga disepakati upaya untuk merancang sistem manajemen yang holistik dengan mengintegrasikan ISO 9001 dan OHSAS 18001 dan Kriteria Baldrige.  Untuk sementara, sistem yang dimaksud diberi nama “Integrated Palikanci System” disingkat “InPaS”. Di paruh kedua workshop ini, berhasil disusun check list, seandainya Sistem Manajemen Terpadu ini akan mulai dirancang dengan mengacu persyaratan umum Standar Internasional berupa 5M yaitu: Menetapkan, Mendokumentasikan, Mengimplementasikan, Memelihara, dan Memperbaiki InPaS. Selamat berjuang.....

 

Gallery

Lembayung Center