**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
JA slide show
 
Home PT JASA MARGA (Persero)
PT JASA MARGA (Persero)

 PENYUSUNAN INTEGRATED PROCEDURE MANUAL (IPM) JM WAY

Jakarta (LCI-250117). Setelah PT Jasa Marga (Persero)  berhasil menyusun Sistem Kerja (Work System), Diagram Konteks (Context Diagram), dan Prosedur (Procedure) dalam JM Way - tahap selanjutnya adalah menyusun Pedoman Prosedur Terpadu (Integrated Procedure Manual). Sebelum menyusun Pedoman Prosedur Terpadu - perlu diyakini bahwa Prosedur yang telah dirancang, telah memenuhi persyaratan-persyaratan Integrated Management System (IMS). 

Pelatihan dimulai dengan pemahaman atas peryaratan-persyaratan IMS mengenai penyusunan Integrated Procedures Manual pada Hari Senin dan Selasa Tgl 23-24 Januari 2017 bertempat di Jasa Marga Development Center (JMDC) Kantor Pusat PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Sebagai praktik di hari kedua dilakukan penyusunan dan review draf IPM berupa: Bab I LEMBAR KENDALI yang terdiri dari Lembar Sampul, Daftar Isi, Daftar Distribusi, Daftar Status Revisi, Daftar Istilah dan Singkatan. Pekerjaan rumah bagi para anggota Tim Perancang JM WAY adalah: Menuntaskan Prosedur Yang Belum Selesai, Mencetak (Print) Prosedur Yang Sudah Selesai, Menandatangankan Prosedur Yang Sudah Dicetak, Menyerahkan Prosedur Yang Sudah Ditandatangani Ke Sekretariat Tim Perancang, Mulai Menghimpun Fisik (Hard Copy/Soft Copy) Dokumen Referensi Dan Dokumen Catatan Yang Sudah Teridentifikasikan Dalam Setiap Prosedur.

Setelah mengikuti serangkaian Workshop berupa Pelatihan, Review, dan Konsultansi - peserta diharapkan dapat mengenal, memahami, mendalami, merancang, dan menyempurnakan, serta mengimplementasikan  persyaratan-persyaratan  IMS dalam Prosedur dan mulai menyusun Pedoman Prosedur Terpadu (Integrated Procedure Manual)“Pekerjaan Rumah” Tim Perancang JM Way adalah: Menuntaskan Prosedur Yang Belum Selesai;  Mencetak (Print) Prosedur Yang Sudah Selesai;  Menandatangankan Prosedur Yang Sudah Dicetak; Menyerahkan Prosedur Yang Sudah Ditandatangani Ke Sekretariat Tim Perancang; Mulai Menghimpun Fisik (Hard Copy/Soft Copy) Dokumen Referensi Dan Dokumen Catatan Yang Sudah Teridentifikasikan Dalam Setiap Prosedur.

*****

PENYUSUNAN DOKUMEN REFERENSI & DOKUMEN CATATAN JM WAY

 

Jakarta (LCI-270117). Langkah berikut dalam Program Perancangan JM Way yang merupakan Integrated Management System Pengelolaan Jalan Tol PT Jasa Marga (Persero), Tbk – adalah penyusunan Dokumen Referensi dan Dokumen Catatan.  Sesuai dengan persyaratan Sistem Manajemen yang mengharuskan:

Organisasi informasi terdokumentasi SMT harus meliputi: a) Deskripsi ruang lingkup sistem manajemen termasuk SSM yang diimplementasikan; b)  Pernyataan kebijakan dan sasaran organisasi; c) Pedoman sistem (berbasis elektronik atau kertas), menguraikan elemen-elemen utama sistem manajemen dan interaksinya, termasuk kebijakan umum, proses-proses dan prosedur serta referensi  dokumen terkait; d) Prosedur terdokumentasi dan catatan yang dipersyaratkan SSM yang diimplementasikan organisasi (berbagai disiplin bisa memiliki persyaratan spesifik untuk membuat catatan yang diperlukan untuk alasan regulasi, asuransi dlsb); e) Dokumen yang diperlukan oleh organisasi guna memastikan efektivitas perencanaan, operasi dan pengendalian atas proses-proses. 

 

Pelatihan dilangsungkan bertempat di Jasa Marga Development Center Kantor Pusat PT Jasa Marga (Persero) Tbk di Jakarta pada Hari Rabu dan Kamis Tgl 25-26 Januari 2017.  Dalam pelatihan ini dilangsungkan workshop perancangan format DIDR (Daftar Induk Dokumen Referensi) dan DIDC (Daftar Induk Dokumen Catatan). “Pekerjaan rumah” Tim Perancang JM Way adalah mengisi DIDR dan DIDC yang jumlahnya identik dengan jumlah Prosedur dalam Integrated Procedure Manual – yang pada posisi teakhir berjumlah 113 (seratus tiga belas). 

***** 

PENGEMBANGAN PROSEDUR JM WAY

 

Jakarta (LCI-021116). Sesuai dengan konsep, materi, dan jadwal yang telah disepakati, PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah mengidentifikasikan dan menyusun Sistem Kerja dan Diagram Konteks yang akan dijadikan dasar penyusunan Prosedur. Tibalah saatnya untuk mulai menyusun Prosedur dalam JM WAY. Mengawali tahapan ini, dilaksanakan Pelatihan Pengembangan Prosedur JM WAY yang diselenggarakan di Ruang Jasa Marga Development Center – Kantor Pusat PT Jasa Marga (Persero) Tbk – Plasa Tol TMII Jakarta pada Tanggal 31 Oktober s/d 01 November 2016.

                                                                         *****

REVIEW PROSEDUR JM WAY SESI 1

Jakarta (LCI-191116). Setelah PT JASA MARGA (Persero) Tbk berhasil menyusun Sistem Kerja, Diagram Konteks, dan Draf Prosedur dalam JM WAY, tahap selanjutnya adalah me-review Draf Prosedur.  Sebelum menyusun Pedoman Prosedur Terpadu (Integrated Procedures Manual) - perlu diyakini bahwa Prosedur yang telah dirancang, telah memenuhi persyaratan-persyaratan Integrated Management System (IMS).  Untuk itu diperlukan Review atas Prosedur yang telah dirancang Tim.

 

Program Review Prosedur akan berjalan sekitar 15 hari. Sesi pertama dilaksanakan selama sejak Tgl 14 s/d 18 November 2016 bertempat di Ruang Rapat Divisi Risk & Quality Management Kantor Pusat PT Jasa Marga. Selama lima hari tersebut, berhasil di-review Prosedur: A.02 PENTARIFAN, B.01 PENGELOLAAN PENGENDALIAN LALU LINTAS, D.01 PEROLEHAN HAK PENGUSAHAAN JALAN TOL, E.05 INKUBASI BISNIS,  F.04 REMUNERASI, M.01 IDENTIFIKASI PERATURAN PERUNDANGAN K3L, U.02 PELAKSANAAN TEMU KARYA MUTU, J.04 TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA LINGKUNGAN KERJA, P.07 PRA STUDI KELAYAKAN SISTEM JARINGAN JALAN DAN STUDI KELAYAKAN LINGKUNGAN (AMDAL).

Karena yang di-review adalah 1(satu) Prosedur untuk setiap Kelompok Diagram Konteks maka tugas berikutnya bagi yang sudah di-review adalah menyempurnakan Prosedur lain yang ada dalam Kelompok Diagram Konteksnya dengan menggunakan “pola review” yang sudah dilaksanakan sebagai “template”.

 

 *****

REVIEW PROSEDUR JM WAY SESI 2

Jakarta (LCI-101216). Review atas Prosedur yang telah dirancang Tim memasuki Sesi ke 2 selama 5 hari mulai Tgl 05 s/d 09 Desember 2016. Sesi bertempat di Ruang Rapat Divisi Risk & Quality Management Kantor Pusat PT Jasa Marga.  Selama lima hari tersebut, di-review salah satu Prosedur dalam DK. H PENGELOLAAN TEKNOLOGI INFORMASI; DK. R PENGELOLAAN AUDIT; DK. Q MANAJEMEN RISIKO; DK. G PENGELOLAAN KEUANGAN; DK. I PENGELOLAAN ADMINISTRASI PERUSAHAAN; DK. K MANAJEMEN BISNIS; DK. N PENGELOLAAN HUKUM DAN KEPATUHAN; DK. O PERENCANAAN PERUSAHAAN; DK. S PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN; dan DK. T PENGELOLAAN IMS.

Perlu diingat kembali bahwa karena yang di-review adalah 1(satu) Prosedur untuk setiap Kelompok Diagram Konteks maka tugas berikutnya bagi yang sudah di-review adalah menyempurnakan Prosedur lain yang ada dalam Kelompok Diagram Konteksnya dengan menggunakan “pola review” yang sudah dilaksanakan sebagai “template”. 

 

 

 

Gallery

Lembayung Center