**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
JA slide show
 
Home BALDRIGE 2017-2018
BALDRIGE 2017-2018
2017-2018 BALDRIGE EXCELLENCE FRAMEWORK AND CRITERIA (BUSINESS/NONPROFIT) TELAH TERBIT

Bandung (LCI121216). Baldrige Performance Excellence Program telah menerbitkan Baldrige Excellence Framework Tahun 2017-2018 untuk sektor Bisnis/Nirlaba. Revisi dibanding edisi sebelumnya (Tahun 2015-2016) dimaksudkan untuk digunakan sebagai penuntun kepemimpinan dan praktik-praktik kinerja mutakhir yang telah divalidasi. Kriteria Baldrige 2017-2018 memperbaharui fokus kepada: pengelolaan risiko cybersecurity atas data, informasi, dan sistem serta pemahaman atas peran manajemen risiko dalam perspektif sistem manajemen kinerja organisasional.

 

Selanjutnya, Program Baldrige akan menerbitkan Baldrige Excellence Framework Tahun 2017-2018 untuk sektor Edukasi dan Layanan Kesehatan serta Baldrige Excellence Builder di bulan Januari 2017 yad. Excellence Builder berisi pertanyaan-pertanyaan kunci untuk memperbaiki kinerja organisasi. Juga di dalamnya disajikan pendahuluan atas kerangka kerja Baldrige dan bisa digunakan untuk self-assessment dengan menggunakan persyaratan-persyaratan keunggulan yang paling penting. Baik digunakan sebagai petunjuk pembentukan sistem manajemen kinerja yang terintegrasi maupun untuk mengukur kemajuan, Baldrige juga membantu organisasi melakukan inovasi dan melakukan perbaikan – apapun sektor dan ukuran organisasinya. Selanjutnya mari kita lanjutkan pembelajaran tentang sistem manajemen kinerja berbasis Kriteria Baldrige bersama Lembayung Center.

*****

Perubahan dibanding Kerangka Kerja Keunggulan Baldrige 2015-2016 

Revisi memiliki satu tujuan yang menyeluruh: agar Kerangka Kerja dan Kriteria merefleksikan praktik kepemimpinan dan kinerja yang mutakhir dan tervalidasi


Untuk mencapai keseimbangan, perubahan atas Kerangka Kerja Keunggulan Baldrige berfokus kepada penguatan dua bidang yang terus tumbuh tingkat kepentingannya bagi sukses organisasi dalam jangka panjang dan untuk membuat agar Kriteria lebih logis dalam perspektif penggunanya.  Dua bidang yang diperkuat tersebut adalah Cybersecurity dan Enterprise Risk Management (ERM). Untuk menjadi pertimbangan agar Kriteria dapat lebih diakses serta logis dari perspektif pengguna – beberapa item Kriteria telah disederhanakan, dan beberapa persyaratan telah diubah, dihapus, atau kata-katanya diubah guna membantu pemahamannya.

Cybersecurity

Diestimasikan ada 300 juta serangan cyber di Th 2015 – hanya 90 juta yang terdeteksi – dan serangan seperti itu menaikkan tingkat tahunan sekitar 40 persen. Untuk bisnis dan segala bentuk organisasi, mengelola dan mengurangi risiko cyber untuk data, informasi, dan sistem menjadi suatu keharusan. Ketika Kriteria menunjukkan keamanan sistem informasi dan kerahasiaan informasi sejak Th 2001, Persyaratan Kriteria dan catatannya sekarang merefleksikan meningkatnya kepentingan untuk memproteksi kehilangan informasi yang sensitif tentang pegawai, pelanggan, dan organisasi; memproteksi properti intelektual; dan proteksi aspek pelanggaran atas finansial, hukum, dan reputasi.

Manajemen Risiko Perusahaan

Tidak ada organisasi yang terbebas dari risiko.  Manajemen Intellegent Risk mempersyaratkan bahwa suatu perusahaan memutuskan kapan dan bagaimana risiko harus diambil dan dikelola.  Manajemen seperti itu bisa berbeda-beda di antara kinerja yang extinction, survival, atau role model.  Melalui perspektif sistem dalam manajemen kinerja organisasional, Kerangka Kerja Baldrige telah sejak lama menunjuk ERM yang didefinisikan dalam ISO 31000: Risk Management – Principles and Guidelines sebagai aktivitas yang terkoordinasi guna mengarahkan dan mengendalikan dampak ketidakpastian dalam mencapai sasarannya.

Keunggulan kinerja di masa yang akan datang akan mengalir dari ERM yang baik berbasis penaggulangan yang holistik atas risiko dan tindakan yang diambil – termasuk memburu intelliggent risk - sebagai bagian dari suatu pendekatan strategis yang menyeluruh dalam mengelola kinerja organisasi.  Dalam revisi ini, beberapa persyaratan Kriteria dan catatannya telah direvisi guna menyoroti (1) bahwa risiko itu melekat dalam setiap hal  yang dilakukan organisasi dan (2) bahwa ada tantangan untuk menyeimbangkan level risiko dengan keberlanjutan organisasi dan peluang berinovasi. 

 

Gallery

Lembayung Center