**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
Home IMS
INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM
Article Index
INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM
PAS 99 PETUNJUK MENGINTEGRASIKAN SISTEM MANAJEMEN
BERBASIS PROSES BISNIS
All Pages

MENGAPA INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM?

Standar Sistem Manajemen (SSM) ISO seperti ISO 9001:2008 untuk manajemen mutu, ISO 14001:2004 untuk manajemen lingkungan, dan OHSAS 18001:2007 untuk manajemen kesehatan dan keselamatan kerja adalah di antara sekian banyak Standar Internasional yang paling banyak digunakan.  Sementara SSM ISO yang baru seperti ISO 22000 (keselamatan makanan), ISO 28000 (keamanan rantai pasokan) dan ISO/IEC 27001 (keamanan informasi) semakin mendapatkan tempatnya.  Kontras dengan kebanyakan standar lainnya, SSM meliputi berbagai aspek, level dan fungsi suatu organisasi. Oleh karenanya - implementasinya dapat memberi dampak yang substansial tentang bagaimana suatu organisasi beroperasi dan mengelola proses bisnisnya.  Sebagai tambahannya, lebih banyak lagi organisasi yang menerapkan lebih dari satu SSM untuk memuaskan kebutuhannya sebagaimana juga memuaskan kebutuhan pemangku kepentingan eksternalnya.
ISO telah menerbitkan buku yang dilengkapi dengan CD sebagai advis bagi organisasi dalam mengintegrasikan Standar Sistem Manajemen (SSM).  Dengan judul:  The Integrated Use of Management System Standards - buku tersebut menguraikan pengalaman dan keakhlian satgas dari 16 organisasi bisnis di negara-negara anggota ISO yang merepresentasikan berbagai negara dan sektor industri termasuk dari badan standardisasi dan dunia akademis. “Buku ini menyajikan kombinasi antara teori dan praktik serta akan bermanfaat baik bagi pemula maupun yang telah berpengalaman,” demikian menurut  Petra Eckl dari MLPC International, Perancis, pemimpin satgas ISO.
 
“Buku ini menjadi jembatan antara sejumlah standar Sistem Manajemen yang memenuhi kebutuhan spesifik organisasi dan para pemangku kepentingannya,  dengan pendekatan manajemen unik yang dimiliki organisasi pengguna standar”. Buku ini mengakui adanya kebutuhan pasar akan SSM yang terpisah untuk menjawab aspek, isu, atau risiko yang berbeda yang perlu dikelola organisasi.  Buku ini menyediakan petunjuk tentang bagaimana organisasi dapat menerapkan standar yang berbeda dengan cara dikombinasikan, diintegrasikan dengan proses bisnisnya.  Berbasis pada pengalaman praktis organisasi yang telah berhasil membuat integrasi penggunaan SSM, buku ini mengidentifikasikan variasi metodologi, alat (tools), dan praktik.
 
SIAPKAH ANDA MENGINTEGRASIKAN SISTEM MANAJEMEN?

Anda mungkin telah memiliki (ingin memiliki?) dua atau lebih sistem menajamen. Tidak begitu penting, apakah Anda telah mencoba mengintegrasikannya sebelum ini atau tidak.  Bila Anda menginginkannya, paket Lembayung Center yang bisa disesuaikan dengan bisnis Anda – bisa membantu untuk merancang suatu Sistem Manajemen Terintegrasi. Rancangan ini bisa disederhanakan dengan menghapus kompleksitas berbagai sistem yang selama ini dijalankan. Suatu Sistem Manajemen Terintegrasi yang tipikal dirancang dan diimplementasikan adalah meliputi ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu, ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan, dan OHSAS 18001 Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.  Namun tidak terbatas kepada sistem-sistem tersebut, bahkan bila diminati – dengan kerangka kerja ini, bisa juga dimasukkan elemen keunggulan kinerja berbasis Kriteria Baldrige (Criteria for Performance Excellence) versi terbaru.

Semakin banyak sistem manajemen yang diterapkan, semakin banyak manfaat yang akan diperoleh bisnis Anda.  Namun semakin banyak kerja keras yang harus dilakukan untuk mengelola lebih dari satu sistem pada saat yang bersamaan.  Sistem Manajemen Terintegrasi memungkinkan Anda untuk merampingkan cara Anda beroperasi, menyelaraskan seluruh persyaratan standar yang “common” serta memotong biaya audit serta administrasi dibandingkan bila berjalan sendiri-sendiri.  

Paket Pelatihan & Workshop Perancangan IMS yang ditawarkan Lembayung Center selengkapnya dapat dilihat di Laman PELATIHAN & KONSULTANSI sub WORKSHOP PERANCANGAN IMS


"Sistem Manajemen membantu Anda memperoleh “lebih banyak” dari organisasi Anda. Dengan mengintegrasikan berbagai sistem manajemen, memungkinkan Anda memperoleh “lebih” tanpa menginvestasikan waktu atau uang ekstra.  PAS 99 adalah spesifikasi pertama di dunia untuk sistem manajemen terintegrasi.  Banyak pelanggan kami bertanya tentang satu kerangka kerja guna mengelola seluruh sistemnya yang telah bersertifikasi.  Sehingga kami mengembangkan PAS 99 dengan menggunakan pedoman ISO untuk menulis standar sistem manajemen – yang memberi Anda kerangka kerja kelas dunia yang bisa digunakan”. (BSI)
 
BSI (British Standard Institute) telah pula menerbitkan PAS 99. PAS 99 (Publicly Available Specification 99) adalah persyaratan umum untuk sistem manajemen yang dapat digunakan sebagai kerangka kerja dalam merancang suatu sistem manajemen terintegrasi.  Persyaratan ini dimaksudkan untuk mendorong organisasi yang menggunakan lebih dari satu sistem manajemen dengan memandang PAS 99 sebagai peluang untuk memiliki sistem manajemen tunggal holistik yang memungkinkan mereka menjalankan operasi secara lebih efektif.  
PAS 99:2012 menyangkut tujuh persyaratan umum standar sistem manajemen yang digariskan dalam ISO Guide 72; dokumen petunjuk serta pemenuhan pendekatan Plan, Do, Check, Act di sebagian besar persyaratan standar sistem manajemen. Ketujuh persyaratan umum PAS 99:2012 adalah: Spesifikasi Konteks Organisasi; Spesifikasi 5 Kepemimpinan; Spesifikasi 6 Perencanaan; Spesifikasi 7 Dukungan; Spesifikasi 8 Operasi; Spesifikasi 9 Evaluasi Kinerja. Mengintegrasikan berbagai sistem manajemen Anda memang tidak sederhana.  PAS 99 bisa diadaptasi agar sesuai dengan berbagai organisasi dengan berbagai kombinasi sistem manajemen termasuk: ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu, ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan, dan OHSAS 18001 Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja,  serta Kriteria Baldrige (Criteria for Performance Excellence).
Paket Pelatihan & Workshop Perancangan IMS yang ditawarkan Lembayung Center selengkapnya dapat dilihat di Laman PELATIHAN & KONSULTANSI sub WORKSHOP PERANCANGAN IMS

BERBASIS PROSES BISNIS

Berbagai perusahan dan organisasi mengimplementasikan berbagai Sistem Manajemen dengan tujuan untuk memenuhi persyaratan pelanggan dan para pemangku kepentingan lainnya, persyaratan hukum dan regulasi, dan sekaligus untuk meningkatkan keunggulan kinerjanya dalam situasi yang semakin kompetitif.  Demikian juga halnya perusahaan dan organisasi yang telah menerapkan Kriteria Baldrige. Dalam mengimplementasikan Criteria for Performance Excellence  dalam segala dimensinyanya (Processes - Results), teridentifikasi masih banyaknya proses-proses yang belum sistematis dalam pengelolaan organisasi.  Identifikasi ini tertuang dalam Laporan Umpan Balik (Feedback Report) dalam bentuk Peluang Untuk Perbaikan (Opportunity for Improvement).  Untuk menanggulanginya diperlukan pengelolaan proses yang komprehensif.  

 

Dengan materi utama seperti yang telah dituangkan dalam buku "PERANCANGAN INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS PROSES BISNIS" yang terbit di awal Tahun 2012, Lembayung Center menawarkan kosep untuk merancang, mengimplementasikan, dan memperbaiki sistem manajemen terpadu yang selanjutnya disebut Integrated Management SystemDengan niat membantu mereka yang ditugasi sebagai tim penyusun Integrated Management System  di organisasinya, seperti yang sudah dilakukan   PT Pembangkitan Jawa Bali di Surabaya, PT PLN Batam, PT Indonesia Power di Jakarta, dan PT Perkebunan Negara VII di Bandar Lampung . Dengan menyajikan informasi-informasi penting tentang persyaratan Sistem Manajemen dan persyaratan Kriteria untuk Keunggulan Kinerja serta bagaimana menginterpretasikannya. Dengan demikian diharapkan para anggota Tim dapat memahami dengan tepat apa yang diminta oleh persyaratan Sistem Manajemen dan persyaratan Baldrige sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan “pas” sampai siap untuk sertifikasi.

Paket Pelatihan & Workshop Perancangan IMS yang ditawarkan Lembayung Center selengkapnya dapat dilihat di Laman PELATIHAN & KONSULTANSI sub WORKSHOP PERANCANGAN IMS

 

Gallery

Lembayung Center