**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
Home News
Berita Terbaru
PT BIO FARMA MENYUSUN LAPORAN IMPLEMENTASI KPKU BUMN 2014

WORKSHOP PENDAMPINGAN DENGAN
PT TELKOM 

 
Bandung 181014 (LCI). Atas nama kerja sama antara PT Telkom dan PT Bio Farma, diselenggarakan Workshop Pendampingan Penyusunan Laporan Implementasi KPKU BUMN PT Bio Farma Tahun 2014 bertempat di Kantor PT Bio Farma Jl Jl. Pasteur No. 28 Bandung 40161.  Acara ditandai dengan kick-off oleh Direktur Utama PT Bio Farma Drs Iskandar, Apt, MM.

Untuk dapat mengimplementasikan KPKU secara efektif, efisien, dan optimal dalam segala dimensinya (Profil-Proses-Hasil), penyusunan Laporan Implementasi KPKU BUMN ini berdasarkan info terakhir dari Kementerian BUMN dengan surat Tanggal: 18 September 2014 Nomor: S- 2 7 2 /S.MBU/09/2014 Hal: Evaluasi Implementasi Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) Tahun 2014 yang antara lain menggariskan  tata cara sebagai berikut:

a.  Menggunakan Kriteria KPKU versi tahun 2012;

b. Dilakukan oleh Tim Evaluator yang berjumlah minimal 5 (lima) orang yang telah memiliki sertifikat pelatihan Evaluator KPKU;

c. Tim Evaluator dapat terdiri dari seluruhnya dari luar BUMN atau kombinasi dengan melibatkan minimal 1 (satu) orang ekstemal BUMN yang bersangkutan. 

Sebenarnya PT Bio Farma telah menyusun Laporan dimaksud - namun dengan menggunakan persyaratan KPKU BUMN tahun lalu (2013) yang semula diasumsikan tetap digunakan di Tahun 2014 ini. Dengan adanya arahan dari Kementerian BUMN, draf dimaksud disusun ulang dengan kembali menggunakan KPKU Tahun 2012. Sekalian dengan upaya penyempurnaan isi laporan, diharapkan diakhir workshop dapat dihasilkan Laporan Implementasi KPKU BUMN PT Bio Farma yang lebih memenuhi syarat guna menghadapi evaluasi implementasi KPKU tahun 2014 melalui metode self assessment.

 
MENYONGSONG ISO 9001:2015

TAHAP DRAFT INTERNATIONAL STANDARD (DIS)

 

Sebagai satu Standar Manajemen Mutu yang paling populer dan paling banyak digunakan di dunia, ISO 9001 – sekarang sedang direvisi dan drafnya sekarang sudah bisa diperoleh. Saat ini sudah sampai pada tahap Draft International Standard (DIS), sebagai satu langkah kunci dalam proses revisi. Seperti halnya seluruh Standar ISO, ISO 9001 ditinjau ulang setiap lima tahun guna memastikan agar selau relevan dan mutakhir.

 

Pada tahap DIS ini, seluruh pihak yang berkepentingan dapat memberikan umpan balik yang akan dipertimbangkan sebelum diterbitkan sebagai draf final yang akan dipublikasikan menjelang akhir Tahun 2015.  Versi draf berupa DIS saat sudah dapat dibeli untuk dipelajari sebelum standar tersebut diterbitkan.  Perubahan utama dalam draf baru ini berkaitan dengan format dan peningkatan pentingnya mengenai risiko, termasuk:

·        Struktur level utama yang digunakan disamakan dengan standar manajemen lain guna membantu perusahaan/organisasi yang mengimplementasikan lebih dari satu standar.

·        Identifikasi Risiko dan Pengendalian Risiko sebagai persyaratan dalam standar.

·        Persyaratan bagi Manajemen Puncak untuk berperan lebih aktif dalam menyelaraskan Kebijakan Mutu dengan kebutuhan bisnis, dan

·        Beberapa perubahan dalam terminologi.

 

Daftar Isi draf ISO 9001 Quality Management Systems — Requirements

·        Quality management systems — Requirements

·        Foreword

·        Introduction to this Committee Draft

·          Scope 

·        2   Normative references 

·        3   Terms and definitions 

·        4   Context of the organization 

·        5   Leadership 

·         Planning 

·        7   Support 

·        8   Operation

·         Performance evaluation

·        10 Continual improvement 

·        Bibliography

 

Annexes

·        Annex A Quality management principles

 

Sumber: Clare Naden – www.iso.org

Read more...
 
KRITERIA BALDRIGE 2015-2016

MEMPERTIMBANGKAN NAMA BARU UNTUK

BALDRIGE CRITERIA FOR PERFORMANCE EXCELLENCE

 

Baldrige Performance Excellence Program (BPEP) sedang mempertimbangkan perubahan nama Baldrige Criteria for Performance Excellence (Business/Nonprofit; Health Care; Education). Mereka mengharapkan masukan dalam mengambil keputusan akhir mengenai hal ini termasuk masukan nama baru untuk versi yang lebih pendek untuk Kriteria Baldrige.

Sudah lebih dari 26 tahun lamanya para pemimpin organisasional mengandalkan Kriteria Baldrige untuk membantu mereka mencapai tujuan, memperbaiki hasil, dan menjadi lebih kompetitif.  Untuk memastikan bahwa Kriteria Baldrige selalu merepresentasikan alat yang unggul mengenai praktik manajemen yang tervalidasi – mereka mengumpulkan masukan secara terus menerus guna menginformasikan evolusi Kriteria. Mereka mulai mensintesakan temuan-temuan dan mengidentifikasikan mana yang akan dimasukkan ke dalam Kriteria Th 2015-2016.

 

Untuk membangun body of knowledge ini, mereka juga mengundang Anda untuk menyampaikan jawaban atas pertanyaan di bawah ini: 

  • Apa lima tantangan strategis dan kompetitif paling utama yang dihadapi di organisasi Anda (atau terlihat dalam organisasi di mana Anda bekerja)?
  • Apa saran spesifik yang bisa ditindaklanjuti untuk memperbaiki Baldrige Criteria for Performance Excellence?

Masukan bisa disampaikan ke:  This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Selanjutnya masukan tersebut akan:

1. Dijadikan sebagai tema untuk revisi yang akan dilakukan. Mereka akan memuatnya dalam salah satu kolom dalam Insights, mengundang respons dan reaksi, serta merekonsiliasi rekomendasi yang bertentangan.
2. Dijadikan Draf Kriteria 2015-2016. Mengundang para ahli di komunitas Baldrige yang banyak mempengaruhi proses  pemikiran menuju penetapan tema guna berkontribusi terhadap atau me-review revisi.
3. Dikirimkan kepada Board of Overseers dan Judges' Panel (dua badan penasehat Program Baldrige) sebagai orang-orang yang komentarnya menghasilkan revisi signifikan atas Kriteria – untuk diberi komentar dan reaksi.
4. Dibuat Criteria for Performance Excellence (Business/Nonprofit Criteria) 2015–2016 versi final.
5. Diselaraskan Kriteria Edukasi dan Kriteria Layanan Kesehatan dengan Kriteria Bisnis/Nirlaba serta mengirimkannya kepada kelompok akhli untuk setiap sektor guna di-review.
 
KPKU BUMN 2014

Kementerian BUMN Tetap Gunakan KPKU Sebagai Alat Ukur

Kinerja BUMN

 

Kementerian BUMN melalui Deputi Infrastruktur Bisnis menggelar kegiatan Workshop Kriteria Penilaian Kinerja Unggul BUMN secara bertahap yang ditujukan kepada para Direksi Badan Usaha Milik Negara. Membangun kinerja yang unggul merupakan suatu tuntutan utama bagi suatu perusahaan dalam pencapaian kinerja finansial dan non finansial terbaik pada tingkat nasional maupun regional sebelum menjadi world class company” ujar Deputi Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Harry Susetyo pada saat membuka Workshop di Yogyakarta Jumat – 22 Agustus 2014.

Menurutnya, peluang untuk menjadi pemain regional bahkan pemain dunia dan berkinerja kelas dunia sangat terbuka lebar bagi BUMN manapun, sejauh BUMN tersebut mampu membangun fundamental dan tatanan kesisteman perusahaan yang kokoh dan powerful serta efektif dalam men-deliver strategi maupun program-program utama perusahaan.

 

Sementara Asisten Deputi Manajemen SDM Eksekutif BUMN Purnomo Sinar Hadi menyampaikan bahwa dalam kerangka peningkatan  kemampuan dan daya saing BUMN inilah, Kementerian BUMN memutuskan untuk  membangun dan mengimplementasikan sistem pengelolaan dan pengendalian kinerja BUMN berbasis Kriteria Penilaian Kinerja Unggul yang diadopsi dan diadaptasi dari Criteria For Performance Excellence. Dengan demikian ketika Kementerian BUMN menggunakan KPKU sebagai alat untuk mengukur Kinerja BUMN, maka kelak dapat mengetahui dimana posisi kinerja BUMN kita dibanding dengan perusahaan kelas dunia.” ujar Purnomo Sinar Hadi. (Sumber: www.bumn.go.id).

 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  8 
  •  9 
  •  10 
  •  Next 
  •  End 
  • »


Page 1 of 28

Gallery

Lembayung Center