**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
Home News
Berita Terbaru
PT PJB SERVICES

WORKSHOP PEMAHAMAN KRITERIA BALDRIGE 2015-2016

Surabaya (110415) Masih dalam tekad menyusul prestasi induk perusahaannya PT PJB dalam ber”Baldrige”, PT PJB SERVICES  melakukan Workshop Pemahaman Kriteria Baldrige 2015-2016  bertempat di Kantor Pusat PJB Services Jl Juanda No 17 Sidoarjo – Surabaya pada Hari Kamis dan Jumat Tgl 09-10 April 2015. Setelah Workshop ini PT PJB SERVICES mulai akan menyusun draf Aplikasi Baldrige Tahun 2015 sesuai amanah para Pemegang Saham.

PROGRAM SELAMA DUA HARI TERSEBUT DISUSUN SBB:

HARI PERTAMA:

PEMBUKAAN: Registrasi; Pembukaan; Arahan Manajemen. 

OVERVIEW BALDRIGE: Malcolm Baldrige, Kriteria Baldrige, MBNQA. Adopsi Kriteria, Di luar Amerika, Di Indonesia. Memulai Program, Menyusun Aplikasi.

PENGENALAN KRITERIA BALDRIGE TAHUN 2015-2016: Perubahan dari Tahun ke Tahun, Perubahan Tahun 2015-2016.

PEMAHAMAN DAN PENYUSUNAN  APLIKASI PROFIL ORGANISASIONAL:  P.1 Deskripsi Organisasional, P.2 Situasi Organisasional.

PEMAHAMAN DAN PENYUSUNAN  APLIKASI KATEGORI  1 KEPEMIMPINAN: 1.1 Kepemimpinan Senior, 1.2 Tata Kelola dan Tanggungjawab Kemasyarakatan.

PEMAHAMAN DAN PENYUSUNAN  APLIKASI KATEGORI 2 STRATEGI: 2.1 Pengembangan Strategi, 2.2 Implementasi Strategi.

PEMAHAMAN DAN PENYUSUNAN  APLIKASI KATEGORI 3 PELANGGAN:    3.1  Suara Pelanggan, 3.2  Engagement Pelanggan.

HARI KEDUA:

PEMAHAMAN DAN PENYUSUNAN  APLIKASI KATEGORI 4 PENGUKURAN, ANALISIS, DAN MANAJEMEN PENGETAHUAN: 4.1 Pengukuran, Analisis, dan Perbaikan Kinerja Organisasional, 4.2 Manajemen Pengetahuan, Informasi, dan Teknologi Informasi. 

PEMAHAMAN DAN PENYUSUNAN  APLIKASI KATEGORI 5 TENAGA KERJA: 5.1 Lingkungan Tenaga Kerja, 5.2 Engagement Tenaga Kerja.

PEMAHAMAN DAN PENYUSUNAN  APLIKASI KATEGORI 6 OPERASI: 6.1 Proses Kerja, 6.2 Efektivitas Operasional.

PEMAHAMAN DAN PENYUSUNAN  APLIKASI KATEGORI 7 HASIL:7.1 Hasil Produk dan Proses, 7.2 Hasil Fokus Pelanggan, 7.3 Hasil Fokus Tenaga Kerja, 7.4 Hasil Kepemimpinan dan Tata Kelola, 7.5 Hasil Finansial dan Pasar.

PENUTUPAN:  Langkah/Program Tindak Lanjut.

 
JASA MARGA CABANG CTC

PENGENALAN KRITERIA BALDRIGE 2015-2016

Jakarta (090415) Konsisten dengan kebijakan perusahaan, penilaian kinerja di lingkungan PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang dilakukan satu tahun sekali terhadap Cabang dan Anak Perusahaan serta dikaitkan dengan momentum hari ulang tahun PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Jasa Marga Cabang Cawang-Tomang-Cengkareng menyelenggarakan  Workshop Pemahaman Baldrige 2015-2016 & Penyusunan Laporan KPKU Tahun 2015.  Program ini berdasar Surat Edaran Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Nomor: 18/SE-DIR/2012 tanggal 28 September 2012 perihal Penilaian Kinerja Cabang dan Anak Perusahaan Tahun 2012.  

 

Setelah mengikuti Konsultansi ini peserta diharapkan dapat mengenal, memahami, mendalami, dan mengimplementasikan persyaratan-persyaratan Kriteria Baldrige Tahun 2015-2016 serta mulai menyusun dokumen Laporan Implementasi KPKU Tahun 2015.  Dari workshop ini telah dapat diidentifikasikan pertanyaan-pertanyaan baru yang muncul di Tahun 2015 sehingga belum ada jawabannya di Laporan KPKU JM CTC tahun 2014 lalu.  Jawabannya akan menjadi “Pekerjaan Rumah” bagi JM CTC. Selain itu dapat pula diidentifikasikan pertanyaan-pertanyaan tahun lalu yang berpindah tempat atau memiliki indeks baru yang berbeda dengan tahun sebelumnya.  Dengan antisipasi yang lebih awal, JM CTC berharap, pada waktunya  untuk mengimplementasikan Kriteria Baldrige/KPKU ini dengan lebih sempurna lagi.

 
DISJAYA IMS

REVIEW DIAGRAM KONTEKS TAHAP 2

Jakarta (LCI 020415) Sesuai dengan rencana, Review Diagram Konteks Tahap 2 dilaksanakan di tempat yang sama (Lantai 4 Gedung Kantor PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang) pada Tgl 30 Maret s/d 02 April 2015.  Berhasil di-review 5 (lima) Diagram Konteks (termasuk munculnya Diagram Konteks baru yaitu Manajemen Risiko sesuai program implementasi Manajemen Risiko yang dilaksanakan PLN Disjaya di bawah pengelolaan Bidang Perencanaan).

DK H MANAJEMEN TI                        - 5 JUDUL PROSEDUR

DK I MANAJEMEN K2K3L                   - 6 JUDUL PROSEDUR

DK J MANAJEMEN PERENCANAAN    - 5 JUDUL PROSEDUR

DK K MANAJEMEN RISIKO                - 4 JUDUL PROSEDUR

DK L SISTEM MANAJEMEN KINERJA - 5 JUDUL PROSEDUR 

 

Kini Disjaya IMS memiliki 1 (satu) Sistem Kerja, 12 (dua belas) Diagram Konteks, dan 57 (lima puluh tujuh) judul Prosedur. Program terakhir dalam acara Review DK adalah:

·       Check Status Interface Antar DK

·       Check Status Interface Antara DK A s/d L dengan Sistem Kerja

·       Identifikasi Judul Prosedur Diagram Konteks A s/d L

·       Identifikasi Judul Prosedur  “wajib” menurut Sistem Manajemen yang diintegrasikan;

·       Penyusunan Draf Bab VIII DISJAYA ISM: Diagram Konteks - A s/d L

o   Umum

o   Kebijakan Diagram Konteks

o   Sasaran Diagram Konteks

o   Prosedur Terkait;

Tugas berikutnya dari para anggota Tim Perancang adalah: Mendapatkan persetujuan dari Pemilik Diagram Konteks, mulai mencari sumber/bahan untuk menyusun Prosedur.  Sementara pemberian Teori Penyusunan Prosedur, Insya Allah akan dilaksanakan pada Tgl 13 dan 14 April 2015 sebagai kelanjutan program besar Perancangan Disjaya Integrated Management System yang dijadwalkan akan mencapai puncaknya dengan “kick off” implementasi pada Tgl 27 Oktober 2015 bertepatan dengan Hari Listrik Nasional. 

Read more...
 
KRITERIA BALDRIGE 2015-2016

RINGKASAN PERUBAHAN YANG PALING SIGNIFIKAN DALAM   KRITERIA UNTUK KEUNGGULAN KINERJA

Profil Organisasional. Profil Organisasional memberikan kerangka kerja guna memahami organisasi Anda.  Juga membantu menuntun dan memprioritaskan tentang informasi yang Anda tampilkan dalam respons atas item di Kategori 1-7.  Profil Organisasional memberi pandangan kritis kepada faktor-faktor kunci internal dan eksternal yang membentuk lingkungan operasi Anda.  Faktor-faktor ini - seperti visi, tata nilai, misi, kompetensi inti, lingkungan kompetitif, dan tantangan serta keunggulan strategis – berdampak pada cara organisasi dijalankan dan keputusan yang Anda buat.  Dengan demikian, Profil Organisasional membantu memahami secara lebih baik konteks operasi Anda; persyaratan kunci untuk sukses saat ini dan di masa yang akan datang; serta kebutuhan, peluang, serta hambatan dalam sistem manajemen Anda.

P.1 Deskripsi Organisasional

Tujuan: Item ini mengenai karakteristik kunci dan hubungan yang membentuk lingkungan organisasional.  Tujuannya adalah membentuk konteks organisasi.

Memahami organisasi Anda.  Penggunaan istilah seperti Visi, Tata Nilai, Misi, dan Kompetensi Inti beragam tergantung kepada organisasinya, dan Anda bisa saja tidak menggunakan satu atau lebih istilah ini.  Namun demikian, Anda harus memiliki pemahaman yang jelas esensi organisasi Anda, mengapa eksis, dan kemana para pemimpin senior Anda akan membawanya di masa yang akan datang.  Kejelasan seperti itumemungkinkan Anda membuat dan mengimplementasikan keputusan strategis yang mempengaruhi masaa depan organisasi.

Memahami Kompetensi Inti Anda. Identifikasi yang jelas dan pemahaman yang menyeluruh tentang kompetensi inti organisasi Anda merupakan sentral untuk sukses saat ini dan di masa yang akan datang serta untuk kinerja yang kompetitif.  Pelaksanaan kompetensi inti Anda yang baik seringkali menjadi pembeda di pasar.  Menjaga agar kompetensi inti Anda tetap sesuai dengan arah strategis dapat menjadi keunggulan strategis, dan memproteksi properti intelektual dalam kompetensi inti Anda untuk dapat mendukung sukses organisasi di masa yang akan datang.

 

Pemahaman Lingkungan Regulasi Anda. Lingkungan regulasi dimana Anda beroperasi harus dipatuhi persyaratannya oleh organisasi dan mempengaruhi bagaimana Anda menjalankannya.  Memahami lingkungan ini merupakan kunci untuk oerasional yang efektif dan pengambilan keputusan-keputusan strategis.  Lebih jauh, memungkinkan Anda mengidentifikasikan apakah cukup sekedar mematuhinya dengan persyaratan yang minimum atas penerapan hukum, regulasi, dan standar prakti-praktik tertentu atau harus melampauinya, menjadi pertanda organisasi yang unggul dan menjadi sumber-sumber potensial keunggulan kompetitif.

Mengidentifikasi Peran Tata Kelola dan Hubungan.  Organisasi yang unggul memiliki sistem tata kelola yang teridentifikasi dengan baik dan hubungan pertanggungangjawaban yang jelas. Sangatlah penting untuk mengidentifikasikan secara jelas fungsi mana yang dilakukan oleh pemimpin senior Anda dan bila diterapkan – oleh badan tata kelola serta kantor induk.  Independensi dan akuntabilitas badan seringkali menjadi pertimbangan kunci dalam struktur tata kelola.

Memahami peran pemasok. Di banyak organisasi, pemasok memainkan peran kritis dalam proses yang penting untuk menjalankan bisnis dan untuk memelihara atau mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.  Persyaratan rantai pasokan bisa termasuk pengiriman “tepat waktu”, fleksibilitas, pengawakan yang variabel, kapabilitas riset dan desain, inovasi proses dan produk, serta pabrikasi atau pemberian layanan yang “customized”. 

Read more...
 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  8 
  •  9 
  •  10 
  •  Next 
  •  End 
  • »


Page 1 of 26

Gallery

Lembayung Center