**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
Home Katalog Buku
Katalog Buku
BUKU PERTAMA:
BUNGA RAMPAI KRITERIA MBNQA
 
Edisi I yang terbit Tahun 2004 disebut-sebut sebagai buku pertama yang membahas Kriteria MBNQA di Indonesia secara lengkap. Edisi II yang terbit Tahun 2005 dipromosikan dengan predikat KINI LEBIH LENGKAP karena elemen-elemen yang melengkapi buku ini dibanding edisi I antara lain Kriteria Baldrige Tahun berjalan; Uraian yang lebih rinci dalam pengenalan Malcolm Baldrige, Kriteria Baldrige, Mengapa Memilih Kriteria Baldrige, dan MBNQA, termasuk daftar pemenangnya lengkap dengan alamat, e-mail dan website-nya, serta Kiat Motorola CGISS memenangi MBNQA 2002.  

Selain itu ada interpretasi pertanyaan di Organizational Profile, serta contoh lengkap Organizational Profile  salah satu pemenang MBNQA Tahun 2003 - Boeing Aerospace. Dalam edisi mutakhir disediakan: Petunjuk Merespons Kriteria dan Menyusun Aplikasi yang dilengkapi dengan Integration antara Profile dengan Item, Kiat “Kalau Ingin Unggul” per Item; Kiat Menghadapi Site Visit – sebelum, selama dan sesudahnya; Pengalaman tiga besar pengguna Kriteria Baldrige di Indonesia yaitu PT Telkom, PT Pertamina, dan PT PLN; Daftar Istilah Kunci; serta Pelatihan dan Konsultansi yang difasilitasi oleh Penulis.  

Seperti sudah diduga sebelumnya, Kriteria Baldrige untuk tahun ganjil selalu mengalami perubahan yang signifikan. Kali ini justru perubahan yang revolusioner - karena baru kali ini dalam perjalanannya selama 20 tahun lebih, Kriteria Baldrige bukan lagi siklus tahunan tetapi dua tahunan yaitu 2009 – 2010.  Alasannya: “Continuing its efforts to balance stakeholders’ needs for both currency and stability, starting in 2009, the Program is moving to a formal two-year revision cycle, making these the 2009–2010 Criteria for Performance Excellence”.
Dengan perubahan seperti ini, banyak hal harus berubah. Oleh karenanya penulis berusaha untuk menyajikan buku ini sesuai dengan perubahan yang terjadi di “negeri leluhurnya” se “orisinal” mungkin. Tinggal bagaimana kita berupaya untuk terus mengikutinya semampu masing-masing, tidak lain sesuai dengan karakteristik utama kriteria ini untuk mencapai “keunggulan kinerja” – baik untuk organisasi bisnis, nirlaba, edukasi, dan layanan kesehatan. Buku ini kini memasuki Edisi VIII yang akan menjumpai sebagian dari Anda sekalian di awal Tahun 2013 dengan isi yang mulai dilengkapi informasi yang lebih banyak tentang Kriteria Layanan Kesehatan (Health Care) dan Edukasi (Education).
 
Elemen-elemen mutakhir yang melengkapi buku ini dibanding edisi VI; antara lain:
  • Informasi kondisi mutakhir MBNQA, IQA, SNI Award sampai dengan akhir Tahun 2012.
  • Perubahan Sistem Skoring dan Dimensi Penilaian Tahun 2013.
  • Perkembangan terakhir implementasi Kriteria Baldrige di Telkom, Pertamina dan PLN.
  • Pelatihan dan Konsultansi Tahun 2013 yang difasilitasi oleh Penulis.
HARGA:
BUNGA RAMPAI KRITERIA MBNQA: Rp 66.000,- Belum termasuk ongkos kirim.

PESANAN:
Kepada yang berminat dapat memesan melalui e-mail:   This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it  
Website: www.lembayungcenter.com; SMS 0812 207 30391 atau  Tlp 022 5400865.
Pembayaran dilakukan setelah buku diterima
---
BUKU KEDUA:
PENUNTUN MENYUSUN APLIKASI BALDRIGE
Langkah berikut setelah memahami Kriteria Baldrige adalah menyusun dokumen Aplikasi. Dokumen yang merupakan “starting point” dalam proses "Self Assessment" atau penilaian untuk mendapatkan suatu "Award" demikian penting. Namun patut diakui bahwa aktivitas ini justru seringkali membutuhkan demikian banyak energi, waktu, dan biaya. Berangkat dari pemikiran bahwa perlu ada suatu penuntun atau pedoman praktis dan sederhana namun lengkap - yang memberi kemudahan bagi siapapun yang akan menyusun dokumen Aplikasi bagi organisasinya, penulis menyusun buku ini dengan judul “Penuntun Menyusun Aplikasi Baldrige”. Sebagai buku kedua yang ditulis dalam Seri Manajemen Mutu, elemen-elemen dalam buku ini adalah selain memperkenalkan pendekatan Articulated, Focus, and Integration, termasuk:

Setiap Item dibahas dengan urutan sbb:
  • Tujuan Item
  • Komentar
  • Artikulasi Persyaratan
  • Interpretasi
  • Kertas Kerja Respons
  • Case Study
Buku ini juga dilengkapi dengan CD (Compact Disc) yang berisi file:
  • 2011 - 2012  Persyaratan Kriteria Bisnis & Nirlaba
  • 2011 - 2012  Business Criteria for Performance Excellence
  • 2011 - 2012  Health Care Criteria for Performance Excellence
  • 2011 - 2012  Education Criteria for Performance Excellence
  • 2011 - 2012  Integrasi Antara Profil dengan Item
  • 2011 - 2012  Kertas Kerja Respons
  • Katalog Pelatihan Baldrige & Integrated Management System
HARGA:
PENUNTUN MENYUSUN APLIKASI BALDRIGE: Rp 99.000,- Belum termasuk ongkos kirim.

"MOHON MAAF PADA POSISI SAAT  INI BERHUBUNG SUDAH KEHABISAN STOK, BELUM DAPAT MENENERIMA PESANAN"

PESANAN:
Kepada yang berminat dapat memesan melalui e-mail:   This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it  
Website: www.lembayungcenter.com; SMS 0812 207 30391 Tlp 022 5400865.
Pembayaran dilakukan setelah buku diterima
---
 BUKU KETIGA: 
SELF-ASSESSMENT BERBASIS MBNQA
Setelah mengenal Malcolm Baldrige, Kriteria Baldrige, Mengapa Memilih Kriteria Baldrige, MBNQA, dan Kiat Para Pemenang MBNQA termasuk  daftar lengkap dengan alamat, e-mail dan website-nya serta cerita tentang tiga besar pengguna Kriteria Baldrige di Indonesia (Telkom, Pertamina, dan PLN) – yang kesemuanya dirangkum dalam Buku 1: BUNGA RAMPAI KRITERIA MBNQA, langkah berikutnya dilanjutkan dengan  menyusun dokumen Aplikasi.  Dokumen yang merupakan “starting point” dalam proses "Self Assessment" atau penilaian untuk mendapatkan suatu Award. Dengan elemen-elemen pendekatan Articulated, Focus, and Integration, yang dilengkapi juga dengan CD (Compact Disc) khususnya format Kertas Kerja Respons (KKR)   sebagai bahan untuk penyusunan respons Organizational Profile, Kategori 1 Leadership sampai dengan Kategori 7 Results -  telah diperkenalkan pula melalui Buku 2: PENUNTUN MENYUSUN APLIKASI BALDRIGE. 

Siklus berikutnya untuk mengimplementasikan Kriteria Baldrige secara lengkap adalah melaksanakan Self-Assessment.  Untuk membantu organisasi melaksanakan aktivitas ini, penulis berupaya untuk menyajikan topik ini secara holistik dan orisinal.  Dimaksud dengan holistik adalah penyajian secara lengkap dan menyeluruh seluruh aktivitas Self Assessment di suatu organisasi; sedangkan yang dimaksud dengan orisinal adalah, penulis ingin menyajikan “seperti apa adanya” proses penilaian MBNQA.

BUKU ISI BERISI:
Bab 1 Who Wants To Be A Baldrige Examiner?
Bab 2 Pendalaman Tata Nilai Dan Konsep Inti
Bab 3 Pendalaman Kriteria Baldrige
Bab 4 Pemahaman Etika Asesor
Bab 5 Proses Assessment  Dan Penyusunan Score Book
Bab 6 Review Independen
Bab 7 Review Konsensus
Bab 8 Key Factors & Key Themes
Bab 9 Site Visit Review
Bab 10 Sistem Skoring
Bab 11 Menulis Umpan Balik Yang “So What Gitu Lho.......”
Bab 12 Dilema Informasi Tambahan

Tentu saja niat penulis dengan Buku-buku ini kenyataannya masih jauh dari sempurna, namun setidaknya kini telah ada buku pegangan bagi para pengguna Kriteria Baldrige di Indonesia - yang cukup lengkap sehingga dapat diharapkan banyak membantu proses implementasinya di suatu organisasi/perusahaan. Tinggal bagaimana basis ini dapat dikembangkan oleh organisasi/perusahaan secara cermat dan bijaksana sesuai dengan situasi dan kondisi yang nyata di organisasi masing-masing.

HARGA:
SELF-ASSESSMENT BERBASIS MBNQA: Rp 77.000,- Belum termasuk ongkos kirim.

PESANAN:
Kepada yang berminat dapat memesan melalui e-mail:   This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it  
Website: www.lembayungcenter.com; SMS 0812 207 30391 atau  Flexi 022 7352  6442; Tlp 022 5400865.
Pembayaran dilakukan setelah buku diterima
---
BUKU KEEMPAT:
PERANCANGAN INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS PROSES BISNIS
Berbagai perusahan dan organisasi mengimplementasikan berbagai Sistem Manajemen dengan tujuan untuk memenuhi persyaratan pelanggan dan para pemangku kepentingan lainnya, persyaratan hukum dan regulasi, dan sekaligus untuk meningkatkan keunggulan kinerjanya dalam situasi yang semakin kompetitif. Demikian juga halnya perusahaan dan organisasi yang telah menerapkan Kriteria Baldrige. Dalam mengimplementasikan Criteria for Performance Excellence dalam segala dimensinyanya (Processes - Results), teridentifikasi masih banyaknya proses-proses yang belum sistematis dalam pengelolaan organisasi. Identifikasi ini tertuang dalam Laporan Umpan Balik (Feedback Report) dalam bentuk Peluang Untuk Perbaikan (Opportunity for Improvement). Untuk menanggulanginya diperlukan pengelolaan proses yang komprehensif.  

Buku yang terbit di awal Tahun 2012 ini membahas pertimbangan untuk merancang, mengimplementasikan, dan memperbaiki sistem manajemen terpadu yang selanjutnya disebut Integrated Management System. Tujuan ditulisnya buku ini adalah untuk membantu mereka yang ditugasi sebagai tim penyusun Integrated Management System di organisasinya, dengan menyajikan informasi-informasi penting tentang persyaratan Sistem Manajemen dan persyaratan Kriteria untuk Keunggulan Kinerja serta bagaimana menginterpretasikannya. Dengan demikian diharapkan para anggota Tim dapat memahami dengan tepat apa yang diminta oleh persyaratan Sistem Manajemen dan persyaratan Baldrige sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan “pas”.    

Elemen-elemen mutakhir yang melengkapi buku ukuran A5 dengan 118 halaman ini terdiri dari sembilan Bab:
 
INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM
  • Mengapa Integrated Management System?
  • Mengapa “Berbasis ISO 9000 dan Kriteria Baldrige?”
  • Konsep Perancangan IMS
  • Studi Kasus
EXECUTIVE BRIEFING & PELATIHAN
  • Pendekatan Top Down
  • Pendekatan Partisipatif
  • Pengembangan Rencana Kerja
  • Agenda dan Jadwal Perancangan
PENGEMBANGAN SISTEM MANAJEMEN DAN DOKUMENTASI SISTEM
  • Pendefinisian Ulang Integrated Management System
  • Pengembangan Sistem Manajemen
  • Pendokumentasian Sistem Manajemen
PENGEMBANGAN ARAH ORGANISASIONAL
  • Arah Organisasi dan Arah Bisnis
  • Kebijakan Sistem
  • Sasaran Sistem
  • Menuju Keunggulan Kinerja
PENGEMBANGAN PROSES BISNIS
  • Pemetaan Proses Secara Hierarkis
  • Pertimbangan Dalam Pemetaan Proses
  • Pengembangan Proses Bisnis
  • Pemetaan Klausul ISO dan Item/Area Baldrige
  • Workshop Pengembangan Proses Bisnis
PENGEMBANGAN DIAGRAM KONTEKS
  • Isu Kebijakan
  • Manfaat Diagram Konteks
  • Proses Pengembangan Diagram Konteks
  • Review Kecukupan Identifikasi Judul Prosedur 
  • Workshop Pengembangan Diagram Konteks
PENGEMBANGAN PROSEDUR TERDOKUMENTASI
  • Identifikasi Prosedur 
  • Persiapan dan Perencanaan Pengembangan Prosedur
  • Langkah-Langkah Pengembangan Prosedur
  • Proses Pengambangan Rincian Prosedur
  • Studi Kasus
  • Workshop Pengembangan Prosedur
PENGEMBANGAN DOKUMEN REFERENSI & DOKUMEN CATATAN
  • Identifikasi Dokumen Referensi 
  • Pengendalian Dokumen Referensi 
  • Identifikasi Dokumen Catatan
  • Pengendalian Dokumen Catatan
PENGEMBANGAN PEDOMAN SISTEM 
  • Pedoman Sistem 
  • Isi Pedoman Sistem
  • Penanggung Jawab Pedoman Sistem
  • Studi Kasus
Satu hal penting dari buku ini adalah sebagai “tools” manajemen telah “terbukti” penerapannya di PT Pembangkitan Jawa Bali. Dengan perancangan sistem terhitung mulai bulan Maret  sampai dengan November 2010, implementasi terhitung tgl 30 November 2010 – perusahaan ini telah berhasil meregistrasikannya sehingga mendapatkan sertifikat di bulan November 2011. Dengan fakta ini, sebagian besar pengalaman PT PJB tersebut diangkat menjadi Studi Kasus dalam buku ini.  Buku ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu segala kritik dan saran-saran sangat dihargai dengan segala senang hati.  Dengan berjalannya waktu, segala bentuk masukan dari semua pihak akan sangat berharga untuk semakin menyempurnakan isi buku ini.  Semoga buku kecil ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, baik dalam rangka mencari ilmu maupun dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

HARGA: 
PERANCANGAN INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS PROSES BISNIS: Rp 33.000,- Belum termasuk ongkos kirim.   
PESANAN:
Melalui e-mail:   This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
Website: www.lembayungcenter.com; SMS 0812 207 30391 atau  Tlp 022 5400865
Pembayaran dilakukan setelah buku diterima
 

Gallery

Lembayung Center