**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
Home News JM WAY - INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM PENGELOLAAN JALAN TOL
JM WAY - INTEGRATED MANAGEMENT SYSTEM PENGELOLAAN JALAN TOL

Surabaya (LCI-141017). Pelatihan Audit Internal IMS yang dilaksanakan dalam dua angkatan, batch pertama berlangsung di Ruang Bima Kantor Pusat PT Jasa Marga selama empat hari Tgl 05 s/d 08 September 2017 – batch kedua berlangsung di Ruang Aula Satyaloka pada Tgl 10 s/d 13 Oktober 2017. Bertujuan untuk meningkatkan keunggulan kinerjanya dalam situasi yang semakin kompetitif, demikian pula halnya dengan JASA MARGA yang sedang mendokumentasikan dan akan mengimplementasikan IMS. Untuk mendukung implementasi sistem manajemen yang telah dikembangkan serta keberhasilan meraih sertifikasi, diperlukan suatu sistem pengawasan dan pengendalian yang matang termasuk Sistem Audit Internal yang wajib dilaksanakan karena merupakan salah satu persyaratan implementasi dan persyaratan sertifikasi.

Batch kedua dibuka dan ditutup oleh GM PT Jasa Marga Cabang Surabaya – Gempol Teddy Rosadi. Beliau menyoroti dan memberi arahan mengenai: Data Sertifikasi Saat Ini; Sistem Terintegrasi dan Terpusat; Kelebihan dan Kelemahan Penerapan Sistem; Dokumen JM Way; Sistem Kerja di JM Way; Manfaat JM Way dan harapan agar Para Auditor ini – kelak juga bisa menjadi Tim Inti Perancangan IMS di organisasinya masing-masing (Cabang dan Anak Perusahaan) selain sebagai Auditor Internal.

Di akhir terakhir pelatihan (Jum’at 13 Oktober 2017) – salah seorang peserta - Sdri Indarani, mengalami musibah “terpeleset” di kamar mandi hotel di bilangan Kota Satelit Surabaya sehingga terpaksa dibawa ke rumah sakit untuk pemulihan. Kita doakan “semoga lekas sembuh”.

*****

PELATIHAN AUDIT INTERNAL IMS BATCH 1

 

Jakarta (LCI-090917).  “Jumping” Program Perancangan JM Way dari penyusunan dokumentasi kepada Pelatihan Audit Internal IMS yang direncanakan dalam dua angkatan.  Batch pertama berlangsung di Ruang Bima Kantor Pusat PT Jasa Marga selama empat hari Tgl 05 s/d 08 2017.  Bertujuan untuk meningkatkan keunggulan kinerjanya dalam situasi yang semakin kompetitif, demikian pula halnya dengan JASA MARGA yang sedang mendokumentasikan dan akan mengimplementasikan IMS. Untuk mendukung implementasi sistem manajemen yang telah dikembangkan serta keberhasilan meraih sertifikasi, diperlukan suatu sistem pengawasan dan pengendalian yang matang termasuk Sistem Audit Internal yang wajib dilaksanakan karena merupakan salah satu persyaratan implementasi dan persyaratan sertifikasi.

Sasaran Pelatihan:

•  Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta (calon Auditor Internal) untuk memahami persyaratan Audit Internal Integrated Management System berdasarkan  Standar ISO 9001, ISO 14001, ISO/DIS 45001 dan persyaratan standar manajemen lainnya yang diimplementasikan.

•  Memberikan pengetahuan kepada peserta tentang teknik dan metode dalam melakukan Audit Internal Integrated Management System, mulai dari perencanaan audit, pelaksanaan audit, pendokumentasian temuan audit, sampai kepada pelaporan dan tindak lanjut temuan audit internal.

•   Memberikan kemampuan bagi jajaran JASA MARGA untuk menciptakan tool audit secara mandiri dalam hal Audit Internal Integrated Management System sehingga dapat di gunakan sebagai alat pantau/alat ukur dalam melaksanakan evaluasi mandiri tentang penerapan sistem yang berguna bagi perusahaan.

•  Memberikan kemampuan peserta untuk dapat melaksanakan audit internal secara mandiri dan berkelanjutan sesuai persyaratan.

Acara ditutup pada Hari Jum’at Tgl 08 September 2017 oleh Ketua Tim Perancang Roy Ardian Darwis. Cecep Sadeli mewakili penyelenggara, melaporkan hal ikhwal pelaksanaan pelatihan termasuk hasil praktik/simulasi audit dokumen yang mendapati temuan: Progress pendokumentasian JM Way baru efektif mencapai sekitar 75% dari persyaratan klausul yang wajib.

*****

PENYUSUNAN DOKUMEN REFERENSI & DOKUMEN CATATAN JM WAY 

 

Jakarta (LCI-270117). Langkah berikut dalam Program Perancangan JM Way yang merupakan Integrated Management System Pengelolaan Jalan Tol PT Jasa Marga (Persero), Tbk – adalah penyusunan Dokumen Referensi dan Dokumen Catatan.  Sesuai dengan persyaratan Sistem Manajemen yang mengharuskan organisasi mendeskripsikan:

·   Pernyataan kebijakan dan sasaran organisasi; ·   Pedoman sistem (berbasis elektronik atau kertas), menguraikan elemen-elemen utama sistem manajemen dan interaksinya, termasuk kebijakan umum, proses-proses dan prosedur serta referensi  dokumen terkait; · Prosedur terdokumentasi dan catatan yang dipersyaratkan SSM yang diimplementasikan organisasi (berbagai disiplin bisa memiliki persyaratan spesifik untuk membuat catatan yang diperlukan untuk alasan regulasi, asuransi dlsb); · Dokumen yang diperlukan oleh organisasi guna memastikan efektivitas perencanaan, operasi dan pengendalian atas proses-proses.

 


    Pelatihan dilangsungkan bertempat di Jasa Marga Development Center Kantor Pusat PT Jasa Marga (Persero) Tbk di Jakarta pada Hari Rabu dan Kamis Tgl 25-26 Januari 2017. Dalam pelatihan ini dilangsungkan workshop perancangan format DIDR (Daftar Induk Dokumen Referensi) dan DIDC (Daftar Induk Dokumen Catatan). “Pekerjaan rumah” Tim Perancang JM Way adalah mengisi DIDR dan DIDC yang jumlahnya identik dengan jumlah Prosedur dalam Integrated Procedure Manual – yang pada posisi teakhir berjumlah 113 (seratus tiga belas).

 

*****

PENYUSUNAN INTEGRATED PROCEDURE MANUAL (IPM) JM WAY

   Jakarta (LCI-250117). Setelah PT Jasa Marga (Persero)  berhasil menyusun Sistem Kerja (Work System), Diagram Konteks (Context Diagram), dan Prosedur (Procedure) dalam JM Way - tahap selanjutnya adalah menyusun Pedoman Prosedur Terpadu (Integrated Procedure Manual). Sebelum menyusun Pedoman Prosedur Terpadu - perlu diyakini bahwa Prosedur yang telah dirancang, telah memenuhi persyaratan-persyaratan Integrated Management System (IMS).


   Pelatihan dimulai dengan pemahaman atas peryaratan-persyaratan IMS mengenai penyusunan Integrated Procedures Manual pada Hari Senin dan Selasa Tgl 23-24 Januari 2017 bertempat di Jasa Marga Development Center (JMDC) Kantor Pusat PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Sebagai praktik di hari kedua dilakukan penyusunan dan review draf IPM berupa: Bab I LEMBAR KENDALI yang terdiri dari Lembar Sampul, Daftar Isi, Daftar Distribusi, Daftar Status Revisi, Daftar Istilah dan Singkatan. Pekerjaan rumah bagi para anggota Tim Perancang JM WAY adalah: Menuntaskan Prosedur Yang Belum Selesai, Mencetak (Print) Prosedur Yang Sudah Selesai, Menandatangankan Prosedur Yang Sudah Dicetak, Menyerahkan Prosedur Yang Sudah Ditandatangani Ke Sekretariat Tim Perancang, Mulai Menghimpun Fisik (Hard Copy/Soft Copy) Dokumen Referensi Dan Dokumen Catatan Yang Sudah Teridentifikasikan Dalam Setiap Prosedur.

 

 

Setelah mengikuti serangkaian Workshop berupa Pelatihan, Review, dan Konsultansi - peserta diharapkan dapat mengenal, memahami, mendalami, merancang, dan menyempurnakan, serta mengimplementasikan persyaratan-persyaratan  IMS dalam Prosedur dan mulai menyusun Pedoman Prosedur Terpadu (Integrated Procedure Manual).

“Pekerjaan Rumah” Tim Perancang JM Way adalah:

      · Menuntaskan Prosedur Yang Belum Selesai; · Mencetak (Print) Prosedur Yang Sudah Selesai; · Menandatangankan Prosedur Yang Sudah Dicetak; · Menyerahkan Prosedur Yang Sudah Ditandatangani Ke Sekretariat Tim Perancang; · Mulai Menghimpun Fisik (Hard Copy/Soft Copy) Dokumen Referensi Dan Dokumen Catatan Yang Sudah Teridentifikasikan Dalam Setiap Prosedur. 

                                                                                                  *****

 

Gallery

Lembayung Center